Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Strategi @Komikin_Ajah Sebagai Media Hiburan Komik di Instagram

M. Farhan Ammar, - (2020) Strategi @Komikin_Ajah Sebagai Media Hiburan Komik di Instagram. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : M. Farhan Ammar Program Studi : Ilmu Komunikasi Judul : Strategi @Komikin_Ajah Sebagai Media Hiburan Komik di Instagram Dewasa ini, ada banyak sekali komik-komik lokal yang dapat kita temukan di Instagram seperti Tahilalats, Si Juki, Bang Gaber, Si Abi, dan masih banyak lainnya yang jumlahnya mencapai ratusan hingga ribuan. Dengan melihat perkembangan komik-komik lokal ini maka Infia membentuk @Komikin_Ajah sebagai suatu media yang dapat menampung kreatifitas-kreatiftas para komik-komik lokal tersebut. Saat ini @Komikin_Ajah telah menjadi salah satu media hiburan komik populer di Instagram dengan memiliki jumlah pengikut sebanyak 2,1 juta pengikut. Pencapaian ini tentunya dapat dicapai berkat berbagai strategi-strategi yang @Komikin_Ajah terapkan. Rumusan masalah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan @Komikin_ajah sebagai media hiburan komik di Instagram. Sumber data penelitian ini ialah Aruga Perbawa Rizqi sebagai presiden dari @Komikin_Ajah. Metode penelitian yang peneliti lakukan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori media hiburan Peter Vorderer dengan metode analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya strategi yang dilakukan @Komikin_Ajah dalam indikator teknologi menggunakan smartphone dalam melakukan kurasi dan memposting konten komik. Dalam indikator desain estetika @Komikin_Ajah tidak menerapkan strategi khusus dalam menata tampilan akun Instagramnya. Dan dalam indikator konten, mereka melakukan kurasi terhadap submisi dari anggota maupun masyarakat umum dengan menerapkan kriteria-kriteria tertentu dan juga menerapkan klasifikasi konten dengan tema harian. Kata kunci : Strategi, Media Hiburan, Komik, Instagram

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 12 Feb 2020 07:36
Last Modified: 12 Feb 2020 07:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25928

Actions (login required)

View Item View Item