Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STUDI KOMPARASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA DAN MONOPOLI PADA MATERI KOLOID TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

MARDATILLAH, - (2020) STUDI KOMPARASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA DAN MONOPOLI PADA MATERI KOLOID TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
MARDATHILLAH.pdf

Download (24MB)

Abstract

ABSTRAK Mardatillah, (2018) : Studi Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Menggunakan Permainan Ular Tangga dan Monopoli pada Materi Koloid terhadap Motivasi Belajar Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa karena penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang kurang memotivasi belajar siswa dan kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) menggunakan permainan ular tangga dan monopoli pada materi koloid. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, mengambil semua sampel dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) menggunakan permainan ular tangga dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) menggunakan permainan monopoli. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan motivasi belajar kelas eksperimen II lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen I dimana persentase rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen I sebesar 80% sedangkan kelas eksperimen II 85%. Perbedaan motivasi belajar siswa di dasarkan dari hasil perhitungan menggunakan uji-t, diperoleh thitung (0,003) < ttabel (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) menggunakan permainan ular tangga dan monopoli terhadap motivasi belajar siswa pada materi koloid Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT), Permainan Ular Tangga, Permainan Monopoli, Motivasi Belajar, Koloid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Feb 2020 07:08
Last Modified: 11 Feb 2020 07:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25907

Actions (login required)

View Item View Item