EFEKTIVITAS PENYALURAN DANA ZAKAT PRODUKTIF DALAM MENINGKATKAN EKONOMI ASNAF MISKIN KECAMATAN DAYUN KABUPATEN SIAK DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM

ABDUL RASYID MZ, - (2020) EFEKTIVITAS PENYALURAN DANA ZAKAT PRODUKTIF DALAM MENINGKATKAN EKONOMI ASNAF MISKIN KECAMATAN DAYUN KABUPATEN SIAK DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNG.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian adalah bahwa salah satu UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Kecamatan yang ada di Kabupaten Siak adalah UPZ Kecamatan Dayun, berdasarkan observasi bahwa dana zakat produktif telah disalurkan pihak UPZ Kecamatan Dayun kepada penerima zakat asnaf miskin, namun fenomena yang dijumpai tidak sesuai dengan zakat produktif yang seharusnya memberikan manfaat terus menerus dan tidak memberikan peningkatan ekonomi padahal dana zakat produktif telah disalurkan kepada asnaf miskin. Maka dirumuskan masalah, bagaimana sistem penyaluran dana zakat produktif dalam meningkatkan ekonomi asnaf miskin di UPZ Kecamatan Dayun Kabupaten Siak, bagaimana pengelolaan zakat produktif oleh asnaf miskin, dan bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap penyaluran dana zakat produktif di Kecamatan Dayun Kabupaten Siak. Populasi dalam penelitian adalah asnaf miskin penerima zakat produktif sebanyak 38 orang dengan tehnik total sampling, dan 5 orang amil zakat UPZ diambil 2 orang dengan tehnik purposive sampling. Tehnik pengumpulan data observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Kemudian dianalisa menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian sistem penyaluran dana zakat produktif di Kecamatan Dayun Kabupaten Siak dari segi penyaluran dana zakat yang sesuai dengan skill dan kemampuan mustahiq. Jawaban yang mengatakan iya sebanyak 31 orang atau 81%, kadang-kadang 4 orang atau 11% dan tidak 3 orang atau 8% . Kemudian dari segi pengelolaan zakat produktif yang dikelola asnaf miskin bersifat dua hal yaitu produktif tradisional dan produktif kreatif karena dua hal tersebut yang disalurkan UPZ Kecataman Dayun Kabupaten Siak. Adapun tinjauan ekonomi islam tentang penyaluran dana zakat produktif di Kecamatan Dayun Kabupaten Siak sudah sesuai dengan ekonomi islam yang bersifat tolong menolong atau ta’awun dan zakat yang telah diberikan UPZ Kecamatan Dayun Kabupaten Siak bersifat milik asnaf miskin sepenuhnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Feb 2020 03:54
Last Modified: 11 Feb 2020 03:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25903

Actions (login required)

View Item View Item