Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH LUAR BIASA SRI MUJINAB PEKANBARU

MARZUENDA (2013) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH LUAR BIASA SRI MUJINAB PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013112MPI.pdf

Download (764kB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama Islam adalah suatu aktivitas atau usaha-usaha tindakan dan bimbingan yang dilakukan secara sadar dan sengaja serta terencana yang mengarah pada terbentuknya kepribadian anak didik yang sesuai dengan normanorma yang ditentukan oleh ajaran agama. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB Sri Mujinab Pekanbaru dan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB Sri Mujinab Pekanbaru. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB Sri Mujinab Pekanbaru dan Mengetahui faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam dan Pelaksanaan Pembelajaran di SLB Sri Mujinab Pekanbaru Karena populasinya tidak mencapai seratus maka tidak ada sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pola pikir induktif, yaitu berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa khusus, peristiwa-peristiwa yang kongkrit, kemudian dari fakta-fakta peristiwa yang kongkrit itu digeneralisasi/kesimpulan yang bersifat umum. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Luar Biasa Sri Mujinab Pekanbaru adalah cukup yakni 64.66% pada rentang 56% - 75%. Faktor-faktor yang mempengaruhi Pelaksanaan Pembelajaran PAI di SLB Sri Mujinab pekanbaru yaitu : 1.) Faktor Guru : Setiap guru memiliki pola pengajar tersendiri. Pola pengajar tercermin dalam tingkah laku waktu melaksanakan pengajaran. 2.) Faktor Siswa : Setiap siswa mempunyai keragaman dalam hal kecakapan maupun kepribadian. meliputi kecakapan potensial yang memungkinkan untuk dikembangkan, seperti bakat dan kecerdasan serta kecakapan yang diperoleh dari hasil belajar. 3.) Faktor Kurikulum : isi atau pelajaran dan pola interaksi belajar mengajar antara guru dan siswa untuk mencapai tujuan tertentu. 4.) Faktor Lingkungan : Lingkungan ini meliputi keadaan ruangan tata ruang dan berbagai situasi fisik yang ada di sekitar kelas atau sekitar tempat berlangsungnya proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:47
Last Modified: 09 Sep 2016 02:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2590

Actions (login required)

View Item View Item