Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN ALGORITMA ARTIFICIAL IMMUNE SYSTEM UNTUK MENENTUKAN OPTIMASI BATASAN FUNGSI KEANGGOTAAN FUZZY TSUKAMOTO PADA KASUS PREDIKSI CURAH HUJAN

Nicky Anggraini, - (2020) PENERAPAN ALGORITMA ARTIFICIAL IMMUNE SYSTEM UNTUK MENENTUKAN OPTIMASI BATASAN FUNGSI KEANGGOTAAN FUZZY TSUKAMOTO PADA KASUS PREDIKSI CURAH HUJAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
File Lengkap (Tanpa BAB IV).pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)

Abstract

Logika fuzzy tsukamoto memiliki toleransi pada data yang sudah ada, lebih intuitif, sangat fleksible, diterima banyak orang. Namun Penggunaan logika fuzzy pada permasalahan yang kompleks dan sangat besar, membuat proses kerjanya masih kurang optimal. Sering kali mengalami kesulitan dalam menentukan fuzzy set dan aturan fuzzy yang digunakan untuk mendapatkan solusi permasalahan. Berdasarkan permasalahan tersebut penggunaan Algoritma optimasi (Optimization Algorithms) dibutuhkan untuk mengoptimasikan derajat kenggotaan fuzzy yang akan dapat mempengaruhi kinerja fuzzy itu sendiri. Algoritma optimasi yang digunakan adalah Algoritma Artificial Immune System (AIS). Algoritma Artificial Immune System (AIS) merupakan sebuah kerangka untuk sistem adaptif terdistribusi dan dapat diaplikasikan pada banyak domain, seperti optimasi dan klasifikasi, karena berbasis populasi dan jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan algoritma Artificial Immune System (AIS) untuk optimasi fungsi keanggotaan fuzzy tsukamoto pada kasus prediksi curah hujan. Tingkat akurasi prediksi diukur dengan menggunakan mean absolute error (MAE). Data masukan yang digunakan pada penelitian ini yaitu 1096 data dengan 4 parameter masukan yaitu suhu udara, kelembaban udara, kecepatan angin, tekanan udara dan 1 parameter keluaran yaitu curah hujan. Pengujian akurasi prediksi curah hujan menggunakan fuzzy tsukamoto dengan algoritma artificial immune system menghasilkan MAE dengan hasil nilai error terendah adalah 8,887605. Sedangkan Pengujian akurasi prediksi curah hujan menggunakan fuzzy tsukamoto saja menghasilkan nilai error sebesar 9,24706. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa prediksi curah hujan menggunakan fuzzy-AIS bernilai akurat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 10 Feb 2020 02:06
Last Modified: 10 Feb 2020 02:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25864

Actions (login required)

View Item View Item