PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BMT (BAITUL MAL WAT TAMWIL) AL ITTIHAD RUMBAI PEKANBARU

Riska Indah Mutia, - (2020) PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BMT (BAITUL MAL WAT TAMWIL) AL ITTIHAD RUMBAI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNG.pdf

Download (18MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh perkembangan zaman yang semakin berkembang sehingga lembaga keuangan dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik guna menarik dan mendapatkan hati para nasabahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam Bagaimana Pelaksanaan Pelayanan dalam meningkatkan Kepuasan Nasabah di BMT Al Ittihad Rumbai Pekanbaru dan untuk mengetahui Pengaruh Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah di BMT Al Ittihad Rumbai Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, mengamati langsung di lapangan wawancara dengan pimpinan, karyawan, dan nasabah, dan menyebarkan angket kepada nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, serta alat analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan tingkat signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa Pelaksanaan Pelayanan karyawan BMT Al Ittihad Rumbai sesuai dengan SOP (Standard Operational Procedure) yaitu dilarang meminta imbalan kepada nasabah, manyambut nasabah dengan salam dan ramah, menghargai pendapat dan usul nasabah, dan berbicara jelas tidak bertele-tele. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,769. oleh karena itu, Ho ditolak dan H1 diterima, artinya adalah bahwa korelasi antara variabel independen (pelayanan) dengan variabel dependen (kepuasan nasabah) memiliki hubungan yang kuat. Dalam uji (t) didapatkan hasil T hitung sebesar 11,916 > t tabel sebesar 1,98447 dan signifikansi yang diperoleh sebesar 0,00 < 0,05 maka disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, artinya variabel independen (pelayanan) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (kepuasan nasabah). Variabel independen (pelayanan) terhadap variabel dependen (kepuasan nasabah) adalah sebesar 59,2%, sedangkan sisanya sebesar 40,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Feb 2020 08:21
Last Modified: 07 Feb 2020 08:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25861

Actions (login required)

View Item View Item