Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Representasi Citra Muslimah Dalam Iklan Wardah Perfect Bright Tone Up Cream Versi Ayana Jihye Moon

Ratih Damayanti, - (2020) Representasi Citra Muslimah Dalam Iklan Wardah Perfect Bright Tone Up Cream Versi Ayana Jihye Moon. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Ratih Damayanti Program Studi : Ilmu Komunikasi Judul :Representasi Citra Muslimah Dalam Iklan Wardah Perfect Bright Tone Up Cream Versi Ayana Jihye Moon. Representasi merupakan bagian penting dalam proses dimana bahasa diproduksi dan dipertukarkan di antara simbol-simbol yang ada. Dalam iklan Wardah yang ditayangkan kerap memasukkan unsur keagamaan yang dimunculkan oleh representasi misalnya ikon jilbab yang menjadi kewajiban muslimah untuk menutup aurat. Citra muslimah yang ditimbulkan menjadikan wanita tampak percaya diri dari eksistensi dirinya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui citra muslimah direpresentasikan dalam iklan Wardah Perfect Bright Tone Up Cream versi Ayana Jihye Moon menurut semiotika Charles Sanders Peirce. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semiotika Charles Sanders Peirce. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce menggunakan segitiga makna bersifat kualitatif. Tanda menurut Charles menggunakan teori segitiga makna meliputi Representament (Sign), Object, dan Intepretant. Representament pada iklan Wardah terdapat pada gambar yang menunjukkan Ayana Jihye Moon menggunakan busana muslimah, jilbab, dan merawat wajahnya dengan Wardah Perfect Bright Tone Up Cream. Object dalam iklan tersebut adalah Ayana Jihye Moon. Jadi representasi citra muslimah melalui object menggambarkan kecantikan perempuan yang muslimah. Citra muslimah melalui interpretant dalam iklan tersebut direpresentasikan sebagai perpaduan bentuk penampilan fisik dengan kecantikan kulit sebagai bagian utamanya yang disertai dengan personality yang baik dari seorang wanita muslimah dalam iklan. Makna citra muslimah yang terkandung dalam iklan ini adalah pada penggunaan busana muslimah dan riasan wajah yang tidak berlebihan oleh Ayana Jihye Moon. Kata kunci : Representasi, Citra Muslimah, Iklan, Semiotika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 06 Feb 2020 03:28
Last Modified: 06 Feb 2020 03:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25848

Actions (login required)

View Item View Item