Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Islam Terpadu An Najiyah Kota Pekanbaru

SRI ANITA DEWI, - (2020) Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Islam Terpadu An Najiyah Kota Pekanbaru. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (466kB)

Abstract

ABSTRAK Sri Anita Dewi, (2019): Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Islam Terpadu An Najiyah Kota Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Interaksi Sosial ABK di Sekolah Dasar Islam Terpadu An Najiyah kota Pekanbaru pada proses pembelajaran kelas formal di kelas I,II,III Sekolah Dasar Islam Terpadu An Najiyah. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan bentuk desain deskriftif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 344 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah 344 orang peserta didik normal dan 3 orang peserta didik berkebutuhan khusus kelas I,II,III Sekolah Dasar Islam Terpadu An Najiyah. Dan objek dalam penelitian ini adalah Interaksi Sosial ABK di Sekolah Dasar Islam Terpadu An Najiyah kota Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Interaksi sosial ABK berjalan dengan baik. Hal tersebut dilihat dari adanya kerja sama yang dilakukan oleh ABK dengan siswa normal selama proses pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial ABK dengan anak normal pada proses pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Terpadu An Najiyah diantaranya faktor internal, motivasi, minat dan sikap ABK yang baik dan bakat ABK. Faktor eksternal diantaranya lingkungan social, keluarga, serta faktor sekolah. Selanjutnya faktor eksternal dari lingkungan non sosial yaitu sarana prasarana, kurikulum 2013 yang diterapkan sekolah dan faktor keterampilan guru dalam mengajar yang sudah cukup baik. Dari kedua faktor tersebut, faktor eksternal lingkungan sosial sangat berpengaruh terhadap interaksi ABK di sekolah inklusif SDIT An Najiyah Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Interaksi Sosial, Anak Berkebutuhan Khusus

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Feb 2020 06:35
Last Modified: 06 Feb 2020 06:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25847

Actions (login required)

View Item View Item