Endang Satiri, - (2020) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema Pekerjaan di Sekitar Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Arsyad Islamic School Kota Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
SKRIPSI ENDANG.pdf Download (15MB) |
|
Text (BAB IV)
15. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa pada tema 4 berbagai pekerjaan subtema pekerjaan di sekitar melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Arsyad Islamic School Kota Pekanbaru. Penelitan ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa diantaranya kurangnya ketepatan pelafalan yang baik saat siswa berbicara, kurangnya keberanian siswa untuk menyampaikan pendapat di depan kelas dengan intonasi yang tepat, kurangnya kelancaran berbicara siswa di depan kelas, dan kurangnya ketepatan pengucapan dalam berbicara di depan kelas. Penelitan ini merupakan Penelitan Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 1 guru dan 18 siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Arsyad Islamic School Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan keterampilan berbicara siswa di peroleh rata-rata 54% atau berada pada kategori “Kurang Baik”. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siklus I keterampilan berbicara siswa mencapai 64% dengan kategori “Cukup Baik”. Pada siklus II keterampilan berbicara siswa meningkat mencapai 74% dengan kategori “Baik”. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Arsyad Islamic School Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Numbered Heads Together (NHT), Keterampilan Berbicara
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 04 Feb 2020 04:06 |
Last Modified: | 04 Feb 2020 04:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25806 |
Actions (login required)
View Item |