Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MUATAN ISRAILIYAT DALAM KISAH MUSA HARUN DAN SAMIRI TELA’AH TERHADAP TAFSIR ATH-THABARI

HASNIL UMMI, - (2019) MUATAN ISRAILIYAT DALAM KISAH MUSA HARUN DAN SAMIRI TELA’AH TERHADAP TAFSIR ATH-THABARI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] Text
HASNIL.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul: “Muatan Israiliyat Pada Kisah Musa, Harun dan Samiri Dalam Tafsir At-Thabari”. Diceritakan dalam Al-Qur’an, Samiri merupakan orang yang menyesatkan kaum Nabi Musa, yang mana ketika itu Nabi musa pergi ke Bukit Tursina untuk bermunajat kepada Allah SWT. Menurut sebagian ahli tarikh Samiri merupakan seorang Bani Israil yang terasing, mereka menyebutkan ada pendapat yang mengatakan bahwa Samiri mempunyai nama asli Mikha atau Musa bin Zhafar. Sebagian ahli kitab juga menyebutkan Samiri adalah penisbatan kepada orang Samirah yang dibangun seratus tahun sesudah Nabi Musa, menurut mereka tidak mungkin Samiri yang menyesatkan Bani Israil, karena beliau adalah salah satu penduduk yang muncul seratus tahun kemudian, mereka menganggap Al-Qur’an salah dan mengatakan yang membuat patung anak sapi itu Nabi Harun. Dalam menfsirkan kisah ini, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir ath-Thabari banyak memaparkan riwayat salah satu diantaranya terdapat riwayat israiliyat. Maka dari itu menarik untuk diketahui mengapa dalam tafsir At-Thabari terdapat riwayat israiliyat serta israiliyat dalam tingkatan apa pada kisah Musa, Harun dan Samiri. Penelitian ini berbentuk library reaseach (kepustakaan), oleh kerena itu data yang digunakan adalah kualitatif yang berasal dari sumber primer dan sekunder. Metode yang digunakan adalah metode maudhu’i (tematik). Setelah melakukan penelitian, kisah Samiri dalam Al-Qur’an terdapat dalam surat Thaha ayat 85 sampai 91 dan ayat 95 sampai 98. Abu Ja’far Muhammad bin Jarir ath-Thabari mencantumkan riwayat israiliyat dalam tafsirnya, bertujuan untuk membentuk pola pikir dalam memahami agama dan mengamalkannya baik bernilai positif maupun negatif. Adapun muatan israiliyat yang terdapat dalam kisah Musa, Harun dan Samiri tela’ah terhadap tafsir Ath-Thabari terdapat pada kisah Samiri yang membuat patung anak sapi yang bersuara seperti layaknya anak sapi, berdasarkan materi israiliyat dalam tafsir At-Thabari, kisah ini termasuk kedalam riwayat israiliyat yang tidak sejalan dengan Islam. Kata Kunci: Israiliyat, Samiri, dan At-Thabari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 03 Feb 2020 08:06
Last Modified: 03 Feb 2020 08:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25775

Actions (login required)

View Item View Item