Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Strategi Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru

KetrinNovianti, - (2020) Pengaruh Penerapan Strategi Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] Text
GABUNG.pdf

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK KetrinNovianti, (2019) : Pengaruh Penerapan Strategi Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi reciprocal teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru. Penelitian ini dilator belakangi oleh kemampuan pemecahan masalah siswa masih ada siswa yang tidak bisa menjawab latihan yang diberikan guru, masih ada siswa yang tidak bisa mengidentifikasi apa yang ditanyakan guru, ketika memberikan latihan kebanyakan siswa jawaban siswa yang lebih banyak diam dan hanya mengikuti pelajaran penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan Quasy Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalen Control GroupDesaign. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah pengaruh strategi reciprocal teaching terhadap kemapuan pemecahan masala hsiswa di Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru.Pengambilan data dilakukan dengan metode dokumentasi,observasi,dan tes.Teknikanalisis data yang digunakan adalaht-test . Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 83,833 dan nilai rata-rata kelompok control 71,613. Bedasarkan perhitungan t-test pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel=1,671 yaitu lebih kecil dari thitung=0,2213. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan strategi reciprocal teaching member pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru. Kata Kunci:Strategi Reciprocal Teaching,Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Feb 2020 04:17
Last Modified: 03 Feb 2020 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25748

Actions (login required)

View Item View Item