Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN FUZZY C-MEANS PADA COSTUMER SEGMENTATION BERBASIS LENGHT RECENCY FREQUENCY MONETERY

NADA PUTRI BULAN, - (2020) PENERAPAN FUZZY C-MEANS PADA COSTUMER SEGMENTATION BERBASIS LENGHT RECENCY FREQUENCY MONETERY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)

Abstract

Pelanggan merupakan aset yang sangat penting bagi perusahaan retail dalam memperlakukan pelanggan. Dengan banyaknya jumlah pelanggan, maka masalah yang dihadapi adalah bagaimana menentukan konsumen potensial dan strategi kedepannya. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, salah satu solusi yang dilakukan yaitu dengan melakukan segmentasi pelanggan. Tujuan segmentasi pelanggan adalah untuk mengetahui perilaku pelanggan dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Tingkat loyalitas pelanggan dianalisis dengan model Lenght, Recency, Frequency, Monetery (LRFM).dan dikombinasikan dengan AHP untuk menentukan bobot relatif LRFM. Pengklusteran data menggunakan Fuzzy C-Means yang menghasilkan jumlah cluster berbeda dari hasil nilai validasi PCI dengan menghasilkan nilai Custumer Lifetime Value (CLV) pada setiap segment.Setelah proses operasional clustering dilakukan, hasil cluster akan dipetakan dengan customer value matrix dan customer loyalty matrix. Berdasarkan nilai CLV menhasilkan 4 cluster maka rangking tertinggi diantara 4 kluster tersebut berada pada kluster ke tiga dengan nilai CLV tertinggi dari rata-rata kluster lainnya yaitu 0,882 ternasuk kedalam segment Potential Costumers. Rangking kedua yaitu berada pada kluster 1 dengan nilai CLV 0,533 termasuk ke dalam segment Core Costumers. Rangking ke tiga yaitu pada kluster 2 dengan nilai CLV 0,533 termasuk kedalam segment Lost Costumers dan Rangking ke empat yaitu pada kluster 4 dengan nilai CLV 0,040. Kata Kunci: CLV, CRM, Fuzzy C-Means, LRFM, Segmentasi Pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 05 Feb 2020 02:38
Last Modified: 05 Feb 2020 02:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25732

Actions (login required)

View Item View Item