Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM PAI DI MTsN BUKITRAYA PEKANBARU

Musriyah (2013) KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM PAI DI MTsN BUKITRAYA PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201396PAI.pdf

Download (601kB) | Preview

Abstract

Fokus masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi guru PAI dalam merencanakan, melaksanakan dan melakukan evaluasi pembelajaran di MTsN Bukitraya Pekanbaru Tahun Ajaran 2011/2012, dengan tujuan untuk mengetahui tentang kemampuan guru PAI dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di MTsN Bukitraya Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yakni menggambarkan dan mengetahui makna dibalik tindakan, kebijakan dan prilaku dari subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi guru-guru PAI di MTsN Bukitraya dalam menyusun perencanaan pembelajaran ternyata bervariasi. Ada yang menyusun perencanaan pembelajaran dengan mempertimbangkan kondisi keragaman siswa, kompleksitas materi dan ketersediaan sumber belajar terutama dalam menetapkan strategi dan metode. Ada juga guru PAI yang membuat perencanaan pembelajaran secara kolektif dalam kegiatan MGMP dengan melakukan modifikasi, bahkan ada yang menggunakan silabus dan RPP untuk beberapa tahun. Sementara untuk komponen yang tersusun dalam silabus dan RPP hampir sama dan sesuai dengan ketentuan standar proses yang tertulis dalam Permendiknas nomor 41 tahun 2007. Guru-guru PAI MTsN Bukitraya Pekanbaru sudah memiliki kompetensi dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas, mengacu kepada RPP yang telah disusun sebelumnya, seperti kompetensi dalam membuka pembelajaran dengan mengkondisikan siswa agar siap melakukan aktivitas pembelajaran, penggunaan metode yang bervariasi serta kemampuan untuk menutup pembelajaran. Perbedaan terjadi pada penggunaan sumber dan media belajar, ada yang memaksimalkan sumber dan media yang tersedia, dan ada juga yang terfokus kepada buku paket dan LKS semata serta jarang sekali menggunakan media dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan. Kompetensi guru-guru PAI di MTsN Bukitraya Pekanbaru hampir merata dengan menggunakan evaluasi berbasis kelas dalam proses pembelajaran dan pemilihan jenis evaluasi disesuaikan dengan KD dan materi yang diajarkan, seperti ujian lisan atau tulisan serta unjuk kerja dari siswa. Kegiatan evaluasi direncanakan dan dimasukan dalam RPP untuk setiap pertemuan dan dilaksanakan sepenuhnya apabila waktu memungkinkan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:46
Last Modified: 09 Sep 2016 03:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2572

Actions (login required)

View Item View Item