Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PELAYANAN PRIMA TERHADAP JAMAAH HAJI OLEH SEKSI PENYELENGGARA HAJI DAN UMROH DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PEKANBARU

FIRA AFRIANI, - (2019) IMPLEMENTASI PELAYANAN PRIMA TERHADAP JAMAAH HAJI OLEH SEKSI PENYELENGGARA HAJI DAN UMROH DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
SKRIPSI FIRA AFRIANI.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Fira Afriani Jurusan : Manajemen Dakwah Judul : Implementasi Pelayanan Prima Terhadap Jamaah Haji Oleh Seksi Penyelenggara Haji Dan Umroh Di Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru Sebagai muslim wajib menyakini dan menjalankan Rukun Islam. Salah satu kewajiban dalam Rukun Islam adalah menunaikan ibadah haji bagi yang mampu. Agar pelaksanaan ibadah haji dan umrah dapat lebih khusyuk maka masalah-masalah teknis diserahkan oleh pihak penyelenggara haji dalam hal ini adalah Kementerian Agama bersama lembaga-lembaga terkait yaitu biro-biro perjalanan haji dan umrah. Keberhasilan sebuah biro perjalanan haji dapat dilihat dari aspek kepuasaan jama’ah haji. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengetahui Implementasi Pelayanan Prima terhadap Jamaah Haji Oleh Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh di Kantor Kementrian Agama Kota Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah 3 orang dari seksi haji dan 3 orang calon jamaah haji di Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian hasilnya dianalisa secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa implementasi pelayanan prima adalah pelaksanaan atau penerapan pelayanan yang baik dan yang terbaik dilakukan agar bisa membuat konsumen merasa nyaman dan terdapat 3 konsep pelayanan prima yaitu sikap atau Attitude, perhatian atau Attention dan tindakan atau Action. Sikap yang harus dimiliki adalah sikap yang ramah sopan dan santun. Perhatian yang harus di terapkan ialah dapat mencermati keinginan konsumen dan tindakan adalah suatu tindakan nyata dari petugas untuk para konsumen. Pelayanan prima sangat penting karena sangat berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan kepada perusahaan. Kata Kunci : Implementasi, Pelayanan Prima, Jamaah Haji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 31 Jan 2020 07:35
Last Modified: 31 Jan 2020 07:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25719

Actions (login required)

View Item View Item