EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DENGAN METODE PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU FUTURE ISLAMIC SCHOOL KECAMATAN PAYUNG SEKAKI KOTA PEKANBARU

Delvia, - (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DENGAN METODE PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU FUTURE ISLAMIC SCHOOL KECAMATAN PAYUNG SEKAKI KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
15 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
FULL TESIS.pdf

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan minat belajar dan keterampilan komunikasi siswa menggunakan media komik, adapun metode yang digunakan adalah metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dan efektifitas penggunaan media komik terhadap minat belajar dan keterampilan komunikasi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD IT FIS Pekanbaru. Pengujian hipotesis dengan teknik analisis data yaitu paired sample test dengan menggunakan bantuan software SPSS IBM 25. Berdasarkan hasil analisis data, data disimpulkan bahwa : 1) Terdapat perbedaan Minat Belajar siswa yang belajar menggunakan Media Komik dengan Metode PQ4R dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan media komik, dengan nilai thitung > ttabel yaitu 10,533 > 2,0859 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. 2) Terdapat perbedaan Keterampilan Komunikasi Siswa yang belajar menggunakan Media Komik dengan Metode PQ4R dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan media komik, dengan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 11,859 > 2,0859 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komik dengan metode PQ4R efektif untuk meningkatkan minat belajar dan keterampilan komunikasi siswa. Kata Kunci: Media Komik, Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review, Minat Belajar, Keterampilan Komunikasi Siswa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2020 08:17
Last Modified: 30 Jan 2020 08:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25712

Actions (login required)

View Item View Item