Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MAKNA TĀMMAH (تَامَّةُ) DAN KĀMILAH (كَامِلَةُ) DALAM AL-QUR’AN MENURUT MUFASSIR (Kajian Tematik)

Al Munawwaroh-, - (2020) MAKNA TĀMMAH (تَامَّةُ) DAN KĀMILAH (كَامِلَةُ) DALAM AL-QUR’AN MENURUT MUFASSIR (Kajian Tematik). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
ALMUNAWWAROH.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul: “Makna Tāmmah تامة)) Dan Kāmilah (كاملة) Dalam Al-Qur’an Menurut Mufassir (Kajian Tematik)”. Al-Qur’an memerintahkan manusia agar untuk terus berupaya meningkatkan kemampuan ilmiah. Salah satau kemukjizatan al-Qur’an adalah banyaknya kata yang berbeda tetapi mempunyai makna yang sama. Agar fungsi al-Qur’an terwujud, maka kita harus menemukan makna-makna firman Allah saat menafsirkannya, dan langkah pertama ialah memahami yang berkaitan dengan makna tersebut. Kajian ini membahas tentang penafsiran “Makna Tāmmah (تامة) Dan Kāmilah (كاملة)“. Dalam al-Qur’an kata kedua ini terdapat dalam banyak sighat/bentuk dan yang kita kenal dengan makna sempurna. Tetapi diantara kedua tersebut ada sedikit perbedaan dalam menggunakannya. Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian ilmiah ini, penulis menggunakan library research, dengan menelaah sumber-sumber yang berkaitan dengan Tāmmah (تامة) Dan Kāmilah (كاملة) dalam study ilmu al-Qu’an. Penulis menggunakan tafsir Imam Ibnu Katsir, Imam Al-Qurthubi dan tafsir M. Quraish Shihab. Adapun metode yang dipakai penulis menggunakan metode maudhu’i, yaitu: menghimpun ayat-ayat yang al-Qur’an yang membicarakan satu topik masalah dan menyusunnya berdasarkan kronologis serta sebab9-sebab turunnya ayat tersebut. Ada 18 kata yang disebut oleh Al-Qur’an mengenai kata sempurna: Tamāman kata ini muncul sebanyak 22 ayat dalam Al-Qur’an, dalam 14 shighat. Kemudian Kāmilah disebutkan sebanyak 5 ayat dalam Al-Qur’an, dalam 4 shighat. Dan diantara penafsiran ini kedua makna tersebut menyimpulkan penjelasan kāmilah (كاملة) diartikan dengan “menghimpun banyak hal yang kesemuanya sempurna dalam satu wadah yang utuh”. Sedangkan Tāmmah (تامة) diartikan dengan “menghimpun banyak hal yang belum sempurna sehingga menjadi sempurna.”kāmilah untuk agama dan Tāmmah untuk nikmat-nikmat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 30 Jan 2020 07:58
Last Modified: 30 Jan 2020 07:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25711

Actions (login required)

View Item View Item