Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MAKNA KHALIFAH MENURUT SAYYID QUTHB DAN ROKHMAT S LABIB (Studi Komparatif)

Desi Cahya Rizki, - (2019) MAKNA KHALIFAH MENURUT SAYYID QUTHB DAN ROKHMAT S LABIB (Studi Komparatif). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img] Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dengan nama Desi Cahya Rizky prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir dengan judul “Makna Khalifah Menurut Sayyid Quthb (1906-1966 M) Dan Rokhmat S.Labib (1971 M) (Study Komperatif)” Manusia merupakan makhluk yang dianugrahi kesempurnaan dan kelebihan yang tidak dimiliki oleh makhluk Allah yang lain. Salah satu keistimewaan yang paling utama yamg dimiliki maanusia adalah akal. Kelebihan inilah yang membuat manusia memilki tanggungjawab berbeda dengan makhluk Allah yang lain. Tanggung jawab yang diemban manusia erat kaitannya dengan kapasitas manusia sebagai khalifah di bumi. Untuk itulah dalam penelitian ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang:1. Bagaimana penafsiran Sayyid Quthb dan Rokhmat S.Labib mengenai ayat-ayaat tentang khalifah, 2. Bagaimana analisis tentang khalifah atas pikiran `Sayyid Quthb dan Rokhmat S.Labib dalam kehidupan kontemporer. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini bersifat kepustakaan yang langkah-langkahnyaa melalui penggalian dan penelusuran terhadap kitab-kitab, buku-buku, catatan-catatan yang berubungan dengan penelitian ini. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan metode bersifat deskriptif analisis komperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diantaranya: Kata khalifah dengan makna pemimpin, dan seorang pemimpin itu berfungsi sebagai pemegang amanah untuk menggantikan Allah dalam menegakkan kehendak-Nya dan menerapkan ketetapan-ketetapan-Nya untuk mengelola bumi dengan segenap potensi yang dimilikinya. Penafsiran dari surah Al-Baqarah ayat 30 berisi tentang kemuliaan bani Adam beserta anak dan cucunya dalam menjalankan tugas sebagai khalifah di muka bumi. Khalifah atau pemimpin di masa sekarang jauh dari yang diharapkan dalam Islam, sebagai seorang Islam kita harus bertanggungjawab atas diri sendiri, masyarakatnya. Sebagai pemimpin harus mengutamakan rakyatnya, baik dalam segi apapun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 30 Jan 2020 08:04
Last Modified: 30 Jan 2020 08:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25707

Actions (login required)

View Item View Item