STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT SWADAYA UMMAH KOTA PEKANBARU

REGITA PUTRI, - (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT SWADAYA UMMAH KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNG.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan penulis mengenai strategi pengembangan sumber daya manusia dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan pada lembaga amil zakat swdaya ummah kota pekanbaru. Berdasarkan dari penelitian, strategi pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan oleh lembaga amil zakat swadaya ummah kota pekanbaru telah terealisasi, namun dari pengembangan diri tersebut tidak terlihat perubahan yang signifikan terhadap kinerja karyawannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan sumber daya manusia dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan pada LAZ Swadaya Ummah kota pekanbaru dan bagaimana pandangan ekonomi Islam tentang pengembangan sumber daya manusia dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pupolasi dalam penelitian ini adalah 1 orang pimpinan dan 19 orang karyawan. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling yaitu mengambil seluruh populasi untuk dijadikan sampel yaitu 1 orang pimpinan dan 19 orang karyawan. Dengan teknik pengumpulan data angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pupolasi dalam penelitian ini adalah 1 orang pimpinan dan 19 orang karyawan. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling yaitu mengambil seluruh populasi untuk dijadikan sampel yaitu 1 orang pimpinan dan 19 orang karyawan. Dengan teknik pengumpulan data angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian di LAZ Swadaya Ummah kota Pekanbaru berdasarkan metode angket, wawancara dan observasi menunjukkan bahwa strategi pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan oleh LAZ swadaya Ummah kota pekanbaru dalam meningkatkan kinerja karyawannya adalah dengan melakukan program pengembangan diri melalui pendidikan, pelatihan dan motivasi. Baik pendidikan yang dilakukan ditempat kerja, ataupun dengan magang pada tempat yang ditentukan. Dan dari program pendidikan, pelatihan dan motivasi yang dijalani oleh karyawan memberikan pengaruh yang baik terhadap kinerja karyawan dan kantor LAZ Swadaya Ummah sendiri. Dan berdasarkan tinjauan Ekonomi Islam tentang pengembangan sumber daya manusia di LAZ Swadaya Ummah kota pekanbaru sudah sesuai dengan aplikasinya secara nyata, hal ini ditunjukkan adanya kegiatan terkait sebagai sarana mendekatkan diri pada Allah dan bukan hanya untuk pencapaian profit semata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 30 Jan 2020 06:43
Last Modified: 30 Jan 2020 06:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25703

Actions (login required)

View Item View Item