THE EFFECT OF USING PEER LESSON STRATEGY TOWARD SPEAKING ABILITY AT THE SECOND YEAR STUDENTS OF SMAN 12 PEKANBARU

Hermai Sesebra, (2011) THE EFFECT OF USING PEER LESSON STRATEGY TOWARD SPEAKING ABILITY AT THE SECOND YEAR STUDENTS OF SMAN 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011230.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Judul dari penelitian ini dalah “Dampak dari Penggunaan Strategi Pendidikan Teman Sebaya (Peer Lesson) terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Dua SMAN 12 Pekanbaru”. Objek dari penelitian ini adalah untuk mencari dampak dari penggunaan strategi pendidikan teman sebaya terhadap kemampuan berbicara siswa kelas dua di SMAN 12 Pekanbaru. Tipe dari penelitian ini adalah pre-eksperimental riset dan sampelnya satu grup. Perlakuan diberikan sebanyak delapan kali. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 12 Pekanbaru, pada 7 oktober- 30 november 2010. Subjek dari penetian ini adalah siswa kelas dua SMAN 12 Pekanbaru. Populasinya berjumlah 227 siswa dan sampelnya berjumlah 30 siswa. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah observasi dan Test. Didalam observasi penulis menggunakan pengamat untuk mengmati bagaimana peneliti melakukan penelitiannya. Penulis tidak hanya melakukan observasi, tetapi juga test. Test nya adalah “Oral presentation Test”, dan itu dibagi dalam dua tahap. Pertama, pretest diberikan sebelum dilakukannya perlakuan dan kedua post test diberikan setelah dilaksanakannya perlakuan. Dalam menganalisa data peneliti menggunakan standar kelulusan mata pelajaran Bahasa Inggris di SMAN 12 Pekanbaru (SKL) yaitu 60 untuk kemampuan berbicara text monolog Report, itu artinya bagi siswa yang mendapatkan nilai < 60 , mereka tidak lulus SKL, sedangkan bagi mereka yang mendapatkan nilai ≥ 60, mereka lulus dari SKL. Dalam rangka untuk mengetahui dampak dari penggunaan strategi pendidikan teman sebaya terhadap kemampuan berbicara siswa, penulis menggunakan nilai pre test dan post test. Nilai-nilai ini dianalisa secara statistik. Data dianalisa dengan menggunakan rumus regressi melalui SPSS versi 16. Dari hasil temuan penelitian, nilai dari Fcalculated = 15.562 lebih tinggi dari F0.05 = 3,38.. Hal tersebut bisa disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, ada dampak dari penggunaan strategi pendidikan teman sebaya terhadap kemampuan berbicara siswa kelas dua SMAN 12 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 30 Dec 2015 08:10
Last Modified: 30 Dec 2015 08:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/257

Actions (login required)

View Item View Item