Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PERATURAN DAERAH KOTA PAYAKUMBUH NOMOR 10 TAHUN 2015 TENTANG LARANGAN PENYALAHGUNAAN FUNGSI LEM DI KECAMATAN PAYAKUMBUH BARAT

REGINA MUTIA PUTRI, - (2020) EFEKTIVITAS PERATURAN DAERAH KOTA PAYAKUMBUH NOMOR 10 TAHUN 2015 TENTANG LARANGAN PENYALAHGUNAAN FUNGSI LEM DI KECAMATAN PAYAKUMBUH BARAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)

Abstract

Dalam rangka menyelenggarakan urusan pemerintahan oleh pemerintahan daerah dan dewan perwakilan rakyat daerah menurut asas otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluas-luasnya sebagaimana yang dimaksud dalam Undang-Undang Dasar 1945, maka pemerintah daerah dan dewan perwakilan rakyat daerah mempunyai tugas untuk menghasilkan peraturan daerah mereka sendiri. Peraturan Daerah Kota Payakumbuh Nomor 10 Tahun 2015 Tentang Larangan Penyalahgunaan Fungsi Lem merupakan produk hukum yang telah dihasilkan oleh pemerintah daerah Kota Payakumbuh. Tujuan dari dibentuknya peraturan daerah ini adalah untuk mencegah, melindungi, dan menyelamatkan masyarakat, serta menumbuhkan kesadaran masyarakat mengenai bahaya penyalahgunaan fungsi lem. Tetapi pada kenyataannya masih terdapat masyarakat yang menyalahgunakan fungsi lem. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Peraturan Daerah Kota Payakumbuh Nomor 10 Tahun 2015 Tentang Larangan Penyalahgunaan Fungsi Lem di Kecamatan Payakumbuh Barat dan untuk mengetahui wewenang, tanggungjawab, dan tugas pemerintah daerah dalam melaksanakan Peraturan Daerah Kota Payakumbuh Nomor 10 Tahun 2015 Tentang Larangan Penyalahgunaan Fungsi Lem. Penelitian ini merupakan penelitian hukum sosiologis (Yuridis Sosiologis) sehingga dalam memperoleh data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi kepustakaan yang berkaitan dengan masalah penelitian. Analisa data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Berdasarkan dari hasil penelitian Peraturan Daerah Kota Payakumbuh Nomor 10 Tahun 2015 Tentang Larangan Penyalahgunaan Fungsi Lem ini masih belum berfungsi secara efektif dikarenakan beberapa faktor yaitu terbatasnya dana rehabilitasi, orangtua dari penyalahguna lem tersebut tidak mau melaporkan salah satu dari anggota keluarga mereka yang telah melakukan penyalahgunaan fungsi lem kepada pihak yang berwenang dengan alasan malu dan menjadikannya sebagai permasalahan internal keluarga mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 30 Jan 2020 04:19
Last Modified: 30 Jan 2020 04:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25694

Actions (login required)

View Item View Item