Khansa ‘Alya Harris, - (2020) EKSISTENSI PAPAN REKLAME (BILLBOARD)SEBAGAI SUMBER INFORMASI MASYARAKAT PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB V BARU.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kemajuan teknologi memudahkan kita untuk mendapatkan berbagai informasi. Tetapi tidak semua masyarakat dapat mengakses informasi online tersebut karena membutuhkan alat, berbayar, dan usaha yang lebih untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Billboard yang terpasang di beberapa ruas jalan di Pekanbaru dapat digunakan sebagai sumber informasi yang dengan mudah dapat diketahui dan diingat oleh seluruh lapisan masyarakat. Banyak billboard yang tidak berisi informasi apapun di beberapa ruas jalan. Ada kecenderungan billboard hanya digunakan untuk menyampaikan sebuah produk dagang. Sehingga masyarakat hanya mengenal billboard sebagai media untuk promosi produk tertentu. Penelitian ini berjudul “Eksistensi Papan Reklame (Billboard) Sebagai Sumber Informasi Masyarakat Pekanbaru”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar eksistensi billboard sebagai sumber informasi masyarakat Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teori yang digunakan adalah teori uses and gratification yang menjelaskan bahwa khalayak memainkan peran aktif untuk memilih menggunakan media billboard yang dimana nantinya keberadaan billboard tersebut diakui. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Pekanbaru sebanyak 1.117.358 orang. Setelah menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi 10% dan tingkat kepercayaan 90 %, maka sample yang diambil sebanyak 100 responden. Dari data yang diperoleh, selanjutnya akan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka didapat hasil yakni 74% dan dikatakan setuju. Hal ini berdasarkan dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya bahwa nilai yang berada antara 60-80% dikatakan setuju bahwa eksistensi billboard sebagai sumber informasi di Kota Pekanbaru masih bertahan dan akan terus berkembang mengikuti perkembangan Kota Pekanbaru. Oleh karena itu keberadaan billboard perlu ditingkatkan, dikelola dan ditata dengan baik. Kata Kunci: Eksistensi, Papan Reklame (billboard), Informasi, Komunikasi Massa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 03:58 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 03:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25693 |
Actions (login required)
View Item |