Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI SCRIPT WRITER DALAM PENULISAN NASKAH PROGRAM SIARAN BUDAYA MELAYU DI RADIO REPUBLIK INDONESIA PRO 4 95,9 FM PEKANBARU

Geofani Evita, - (2019) STRATEGI SCRIPT WRITER DALAM PENULISAN NASKAH PROGRAM SIARAN BUDAYA MELAYU DI RADIO REPUBLIK INDONESIA PRO 4 95,9 FM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)

Abstract

Penelitian ini didasari karena tingginya tingkat persaingan pada radio. Script Writer adalah bagian terpenting di dalam struktur sebuah program siaran. Script Writer merupakan orang yang mencari, membentuk, dan menulis informasi-informasi yang dibutuhkan yang kemudian akan dibacakan atau disiarkan oleh penyiar. Radio pada saat ini berkembang cukup pesat. Kualitas program menjadi acuan, karena kualitas program siaran dipandang sebagai hal yang penting untuk memenangkan persaingan dalam memperebutkan pendengar. Karena itu, seorang Script Writer berusaha mengemas baik dengan berbagai macam format acara agar bertujuan pendengar tidak merasa bosan mendengarkan program-program yang disajikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi script writer RRI Pro 4 95,9 FM Pekanbaru dalam penulisan naskah program siaran budaya melayu. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berdasarkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi script writer dalam penulisan naskah program siaran budaya melayu di RRI Pro 4 95,9 FM Pekanbaru, Yani,tu: Tahap perencanaan;menentukan tema/topik, menentukan riset pendahuluan, merumuskan masalah, menemukan tujuan program, dan menentukan format acara. Tahap pra penulisan;pengumpulan materi, merencanakan pesan, memilih gaya dan warna penulisan, dan merencakan alur penulisan. Tahap pelaksanaan penulisan;membuat script, membuat treatment, dan membuat full script. Tahap evaluasi dan penulisan kembali;pemerikasaan terhadap nilai yang dianggap sudah memenuhi naskah menjadi layak untuk disiarkan, dan menulis kembali naskah semisal pada tahap evaluasi memiliki beberapa nilai tambahan. Kata kunci : Strategi, Script Writer, Program Budaya Melayu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 30 Jan 2020 03:59
Last Modified: 30 Jan 2020 04:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25692

Actions (login required)

View Item View Item