Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Demontrasi terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Sorek Dua, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan

Mey Asnita, - (2020) Pengaruh Penggunaan Metode Demontrasi terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Sorek Dua, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Mey Asnita, (2019): Pengaruh Penggunaan Metode Demontrasi terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Sorek Dua, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan terhadap kecerdasan motorik kasar anak yang belum berkembang dengan optimal sehingga perlu dilakukan penerapan metode demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok B di TK Negeri Pembina Sorek Dua Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak dengan objeknya Pengaruh penggunaan metode demonstrasiterhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok B. Populasi penelitian ini berjumlah 30 orang anak, sedangkan sampel penelitian ini adalah anak kelompok B yang terdiri dari dua kelas yaitu B1 berjumlah 15 orang anak sebagai kelas kontrol dan B2 berjumlah 15 orang anak sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yang artinya adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows ver.17. Hipotesis penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode demonstrasi terhadap perkembangan motorik kasar anak. Perbandingan pretest dan posttest kelas eksperimen dengan menggunakan uji-t maka diperoleh thitung= 55.000dan Sig. (2-tailed) = 0.000. Karena Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran. Jadi artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dalam penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan metode demonstrasi sebelum dan sesudah terhadap perkembangan motorik kasar anak yang berada pada kelas eksperimen. Pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok B di TK Negeri Pembina Sorek Dua Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan sebesar 89,58%. Kata Kunci: Kecerdasan Motorik Kasar, Metode Demonstrasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jan 2020 07:44
Last Modified: 29 Jan 2020 07:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25674

Actions (login required)

View Item View Item