Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KOMUNIKASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP EMPATI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 PEKANBARU

Amrullah Suhairi, - (2019) PENGARUH KOMUNIKASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP EMPATI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (12MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu komunikasi guru Pendidikan Agama Islam sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan empati siswa dalam pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan komunikasi guru Pendidikan Agama Islam dengan empati siswa dalam pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kolerasi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan gurunya sedangkan objeknya adalah komunikasi guru Pendidikan Agama Islam dan empati siswa dalam pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 yang berjumlah 1309 orang dan 1 orang guru Pendidikan Agama Islam. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 275 orang. Teknik pengambilan sampel data menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis datanya menggunakan kolerasi koefisien kontingensi. Berdasarkan pengolahan data terdapat pengaruh yang signifikan, dengan perolehan indeks 0,882 pada taraf signifikan 5% = 0,217 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,283. Ini berarti r hitung lebih besar dari r tabel yang dapat digambarkan sebagai berikut 0,217 <0,882> 0,283. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan komunikasi guru Pendidikan Agama Islam dengan empati siswa dalam pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru. Kata Kunci : Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam, Empati Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jan 2020 07:54
Last Modified: 29 Jan 2020 07:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25671

Actions (login required)

View Item View Item