Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING DISERTAI DEMONSTRASI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

NOVITA SARI, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING DISERTAI DEMONSTRASI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
NOVITA SARI.pdf

Download (22MB)

Abstract

ABSTRAK Novitas Sari, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving disertai Demonstrasi Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan pretest dan postest. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru (Teacher Center) pada materi laju reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative problem solving disertai demonstrasi terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di kelas XI IPA SMA N 2 Tambang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh kelas XI IPA 1 (kelas eksperimen) dan XI IPA 4 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, tes data awal yaitu uji homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan postest, serta dokumentasi. Hasil pengolahan data diperoleh nilai zhitung = 2,1 dan ztabel = 1,96 pada taraf signifikan 5%. Nilai zhitung >ztabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai thitung = 3,35 dan ttabel = 1,99 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative problem solving disertai demonstrasi terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di kelas XI IPA SMA N 2 Tambang, dengan koefisien pengaruh (Kp) sebesar 15%. Kata Kunci: CPS, Demonstrasi, Aktivitas, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jan 2020 07:15
Last Modified: 29 Jan 2020 07:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25657

Actions (login required)

View Item View Item