NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SYAIR IKAN TERUBUK

MUAWINAH, (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SYAIR IKAN TERUBUK. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201387PAI.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Eksistensi Sya’ir Ikan Terubuk dan nilai-nilai pendidikan akhlak yang dikandungnya memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Melayu Bengkalis pada abad ke-19, melalui sya’ir ini dapat menyampaikan pesanpesan pendidikan akhlak baik secara implisit maupun eksplisit. Namun demikian, memasuki era globalisasi dan era informasi saat ini peranan Sya’ir sebagai media penyampaian pesan-pesan pendidikan akhlak dalam kehidupan masyarakat khususnya masyarakat Melayu Bengkalis tersebut seakan telah hilang ditelan masa. Hal ini antara lain dapat dilihat dari fenomena yang terjadi bahwa intenstitas masyarakat dalam melantunkan Sya’ir Ikan Terubuk hanya dalam pentas seni dan hanya dalam acara-acara tertentu. Studi ini berjudul: NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SYAIR IKAN TERUBUK. Rumusan Masalah : (1) Apa saja isi dan muatan nilainilai pendidikan akhlak dalam Sya’ir Ikan Terubuk? (2) Siapa saja sasaran / tujuan pendidikan akhlak dalam Syair Íkan Terubuk? dan (3) Apa saja metode pendidikan akhlak dalam Syair Íkan Terubuk ? Tujuan Penelitian : (1) Untuk mengetahui muatan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Sya’ir Ikan Terubuk, (2) Untuk mengetahui sasaran / tujuan pendidikan akhlak dalam Syair Íkan Terubuk, dan (3) Untuk mengetahui metode pendidikan akhlak dalam Syair Íkan Terubuk. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (library research), karena data yang diteliti berupa naskah-naskah, buku-buku atau majalahmajalah yang bersumber dari khazanah kepustakaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan histories-filosofis. Tehnik analisis data menggunakan teknik “Analisa Isi” (Documentary Analisys), yaitu “analisa terhadap isi teks dan pemikiran yang terkandung di dalamnya (konteks).” Kesimpulan : ditinjau dari isi dan muatannya, maka Sya’ir Ikan Terubuk termasuk dalam kategori Sya’ir Kiasan, di mana di dalamnya terkandung nilai-nilai pendidikan akhlak mulia, agar senantiasa berakhlak mulia dan menjauhi akhlak tercela. Termasuk akhlak mulia yang terkandung dalam Syair Ikan Terubuk adalah : memulai sesuatu dengan menyebut nama Allah dan senantiasa bersikap tawadhu’, selalu bermuka manis, memiliki perangai yang lembut dan halus dalam bertutur kata, selalu mawas diri, mengendalikan hawa nafsu dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah, senantiasa bertawakkal kepada Allah, Ridha dengan anugerahNya dan pandai menempatkan diri dalam kehidupan bermasyarakat dan bergaul dengan orang yang berakal dan menjauhkan orang yang jahat. Ditinjau dari sasaran yang dituju untuk menerima pesan-pesan pendidikan akhlak yang terkandung dalam Sya’ir Ikan Terubuk dapat dikelompokkan kepada: nasehat Tokoh Agama kepada Penguasa/Pemimpin, nasehat orangtua kepada anaknya dan nasehat Tokoh Agama kepada masyarakat. Metode pendidikan akhlak yang terkandung dalam Syair Íkan Terubuk mengandung 4 (empat), yaitu : (1) metode kisah dan nasehat dengan menggunakan bahasa kiasan dan perumpamaan (mau’izah, tamsil), (2) metode keteladanan dan pembiasaan (modelling), (3) metode perintah dan larangan, ganjaran dan hukuman (targhib wa tarhib).

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:46
Last Modified: 09 Sep 2016 03:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2562

Actions (login required)

View Item View Item