Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI JUAL BELI MELALUI SISTEM DROPSHIPING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA SHENY SHOP MENURUT EKONOMI SYARI’AH

AZIZUL FIKRI, - (2020) IMPLEMENTASI JUAL BELI MELALUI SISTEM DROPSHIPING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA SHENY SHOP MENURUT EKONOMI SYARI’AH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)

Abstract

ABSTRAK Azizul Fikri (2019): Implementasi Jual Beli Melalui Sistem Dropshipping Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Sheny Shop Menurut Ekonomi Syariah Latar belakang penelitian ini adalah salah satu usaha jual beli online Sheny Shop diawal usaha menggunakan sistem jual beli reseller kemudian berganti dengan sistem jual beli dropshipping, karena sistem jual beli dengan dropshipping tidak memerlukan modal yang banyak dan lokasi serta waktu berjualan yang fleksibel. Dalam menjalankan usahanya sheny shop telah menerapkan dengan baik dari segi penjualan, pemesan yang mudah, dan harga yang terjangkau. Namun fenomena yang dijumpai penjualan pada usaha sheny shop mengalami penurunan. Adapun Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi jual beli melalui sistem dropshipping dalam meningkatkan penjualan pada usaha Sheny Shop, apa saja faktor pendukung dan penghambat jual beli melalui sistem dropshipping pada usaha Sheny Shop, dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap implementasi jual beli melalui sistem dropshipping dalam meningkatkan penjualan pada usaha Sheny Shop. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang dilakukan di Toko Sheny Shop di jalan Merak nomor 02 Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah pembeli sebanyak 219 orang yang diambil sample 68 orang dengan menggunakan rumus slovin. Pengambilan sample dilakukan dengan metode accidental sampling dan untuk memperkuat data penulis mewawancarai 2 orang penjual sebagai informan. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, kuisioner, dokumentasi dan studi pustaka. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah Deskriptif Kualitatif. Dari hasil penelitian diperoleh, implementasi jual beli dengan sistem dropshipping pada usaha Sheny Shop belum sepenuhnya mampu meningkatkan penjualan karena didapat temuan bahwa barang yang dipesan oleh konsumen datang tidak tepat waktu dengan tanggapan 30 responden atau 44,1 % dan barang yang dipesan juga tidak ada jaminan atau hak khiyar dengan tanggapan 35 responden atau 51,5 %. Faktor pendukung diantaranya : pengguna internet di indonesia yang semakin meningkat, modal yang diperlukan untuk memulai usaha relatif kecil, jual beli dengan fleksibilitas tinggi, dan faktor penghambat : Semakin ketat persaingan dan kebanyakan mindset konsumen Indonesia mayoritas adalah pelacur harga. Ditinjau menurut ekonomi syariah jual beli pada usaha Sheny Shop sudah memenuhi rukun dan syarat dalam jual beli seperti: Aqad (Ijab dan Qabul ), Orang-orang yang berakad (penjual dan pembeli) dan Objek akad (Ma‟qud Alaib) dan untuk akad yang digunakan dalam transaksi jual beli ini merupakan akad salam dan itu diperbolehkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 28 Jan 2020 07:04
Last Modified: 28 Jan 2020 07:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25607

Actions (login required)

View Item View Item