Strategi Kreatif Produser Program Pesona Indonesia LPP TVRI Riau-Kepri Dalam Mempromosikan Budaya Melayu

Iqbal Erlis, - (2020) Strategi Kreatif Produser Program Pesona Indonesia LPP TVRI Riau-Kepri Dalam Mempromosikan Budaya Melayu. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
GABUNG.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Iqbal Erlis Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Strategi Kreatif Produser Program Pesona Indonesia LPP TVRI Riau-Kepri Dalam Mempromosikan Budaya Melayu Dalam menghadirkan sebuah program acara seorang produser harus memiliki strategi-strategi dan ide-ide yang kreatif agar menghasilkan tayangan yang diminati oleh penonton dan memiliki perbedaan dengan program lainnya. Pesona Indonesia adalah program feature dokumenter yang bertujuan untuk menggali potensi daerah yang belum banyak diketahui oleh masyarakat sekitar, nasional bahkan luar negeri. Budaya Melayu sedang dipengaruhi efek globalisasi dengan masuknya budaya asing melalui media online dan televisi, dengan masuknya budaya asing dikhawatirkan masyarakat Riau sendiri, nasional, dan internasional tidak mengenali budaya Melayu. Oleh karena itu program Pesona Indonesia ini sangat dibutuhkan sebagai wadah untuk mempromosikan budaya Melayu agar masyarakat Riau, nasional bahkan luar negeri dapat mengetahui dan bisa mengenali budaya Melayu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kreatif produser program Pesona Indonesia LPP TVRI Riau-Kepri dalam mempromosikan budaya Melayu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini dari 13 konsep strategi kreatif yaitu target penonton, bahasa naskah, format acara, puching line, gimmick dan funfare, clip hanger, tune dan bumper, penataan artistik, musik dan fashion, ritme dan birama, logo dan musik track untuk id tune, general rehearsal, interactive program. Produser program Pesona Indonesia LPP TVRI Riau pada umumnya menerapkannya tetapi dalam mempromosikan budaya Melayu produser lebih menekankan kepada format acara, dimana pada tahap ini produser mencari ide materi yang memang harus diangkat walaupun tidak ada nilai jualnya, musik yang diangkat yaitu musik yang bertemakan melayu untuk backsoundnya dan untuk fashion produser menyesuaikan dengan tema yang diangkat. Pada gimmick dan puching line produser menggunakannya sesuai dilapangan, tidak terencana didalam script. Kata Kunci : Strategi Kreatif, Produser Program Pesona Indonesia, Mempromosikan Budaya Melayu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 28 Jan 2020 07:27
Last Modified: 28 Jan 2020 07:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25599

Actions (login required)

View Item View Item