Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script dalam Proses Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Taruna Mandiri Pekanbaru

Yessi Octavia, - (2020) Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script dalam Proses Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Taruna Mandiri Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img] Text
GABUNG.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Yessi Octavia, (2019): Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script dalam Proses Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Taruna Mandiri Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran cooperative script dalam proses pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Taruna Mandiri Pekanbaru. Latar belakang penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran cooperative script yang belum maksimal, proses pembelajaran belum berpusat pada siswa, dan guru belum maksimal dalam membimbing kelompok belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru ekonomi sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran cooperative script dalam proses pembelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan presentatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa penerapan metode pembelajaran cooperative script dalam proses pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Taruna Mandiri Pekanbaru mencapai persentase sebesar 73,33% tergolong ke dalam kategori “Baik” karena berada pada rentang pengkategorian 61%80%. Hasil analisis menunjukkan indikator guru membagi siswa untuk berpasangan, mengintruksikan kepada siswa untuk menetapkan siapa yang berperan sebagai pendengar, mengintruksikan kepada siswa yang berperan sebagai pendengar mengoreksi dan menunjukkan gagasan-gagasan pokok yang kurang lengkap, mengintruksikan kepada siswa yang berperan sebagai pendengar membantu menghapal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau materi lainnya tergolong baik. Kata Kunci: Analisis, Metode Cooperative Script

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:15
Last Modified: 28 Jan 2020 04:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25582

Actions (login required)

View Item View Item