Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM PENILAIAN RISIKO KEAMANAN INFORMASI MENGGUNAKAN METODE NIST SP 800-30 (STUDI KASUS : SISTEM AKADEMIK UIN SUSKA RIAU)

MELATI SUKMA DEWI, - (2019) SISTEM PENILAIAN RISIKO KEAMANAN INFORMASI MENGGUNAKAN METODE NIST SP 800-30 (STUDI KASUS : SISTEM AKADEMIK UIN SUSKA RIAU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
ALL Kecuali BAB 5.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keamanan informasi merupakan tindakan melindungi informasi terhadap berbagai ancaman demi menjamin kelangsungan proses bisnis yang ada, serta mengurangi risiko. Risiko adalah kejadian yang menyebabkan kerusakan atau kerugian, salah satu cara menangani risiko adalah dengan membuat penilaian risiko. Penilaian risiko merupakan tahapan-tahapan untuk menganalisis atau mendeskripsikan risiko, dan memberikan strategi yang bisa diterapkan untuk meminimalisir risiko. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan staf divisi aplikasi Pusat Teknologi Informasi dan Pengumpulan Data (PTIPD), sistem akademik pada UIN Suska Riau belum memiliki standar sehingga sistem ini rentan terhadap risiko. Pada tanggal 27 desember 2018 terjadi kebakaran Uninterruptible Power Supply (UPS) pada ruangan server, menyebabkan server tidak dapat digunakan dalam waktu lama. Banyak kejadian yang mengakibatkan sistem ini tidak aman, sehingga diperlukan suatu sistem penilaian risiko keamanan informasi untuk mengetahui tingkat risiko pada sistem akademik dan cara mengatasinya. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode NIST SP 800-30 untuk melakukan penilaian risiko, metode ini adalah metode yang memberikan panduan manajemen dan penilaian risiko untuk sistem teknologi informasi yang merupakan standar dari pemerintahan United States. Hasil dari penilaian menggunakan Sistem Penilaian Risiko Keamanan Informasi menggunakan Metode NIST SP 800-30 terhadap sistem akademik UIN Suska Riau, didapat 5 (lima) risiko level sedang, 4 (empat) risiko level tinggi. Kata Kunci: Keamanan Informasi, NIST SP 800-30, Penilaian Risiko, Risiko, Sistem Informasi Akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Jan 2020 06:50
Last Modified: 28 Jan 2020 06:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25575

Actions (login required)

View Item View Item