Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISA RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FMECA DAN TOPSIS PADA PEMBUATAN KAIN TENUN (STUDI KASUS: UKM PANDAI SIKEK)

Ranti Agustin, - (2019) ANALISA RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FMECA DAN TOPSIS PADA PEMBUATAN KAIN TENUN (STUDI KASUS: UKM PANDAI SIKEK). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (854kB) | Request a copy
[img] Text
Ranti Agustin.pdf

Download (7MB)

Abstract

UKM yang tengah berkembang saat ini yakni kain tenun UKM Pandai Sikek, kain tenun ini merupakan kain tenun yang dari dulu dijalankan usahanya secara turun menurun untuk terus melestarikan kebudayaan kain tenun khas daerah Nagari Pandai Sikek, Tanah Datar . Kain tenun yang diproduksi secara manual ini memiliki kualitas yang baik dan tidak kalah saing dengan tenun-tenun yang ada saat ini yang telah diproduksi secara cangking dan modern. Kain tenun ini dibuat dengan metode benang melintang dan dan benang bujur, yang keduanya disatukan menggunakan alat tradisional secara perlahan sesuai jenis motif dan warna yang akan di produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui risiko-risiko keselamatan kerja. Adapun metode yang digunakan adalah FMECA dan TOPSIS yang merupakan suatu kegiatan untuk melihat kegiatan mana yang mempunyai jarak terpendek dari titik ideal. Sehingga hasil penelitian dari FMECA dan TOPSIS ini adalah didapatkan alternatif jalur terpendek dari titik ideal yaitu dengan nilai 0,51. Kata kunci: ; Display, FMECA, TOPSIS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Jan 2020 07:06
Last Modified: 28 Jan 2020 07:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25571

Actions (login required)

View Item View Item