Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KAMPAR

Nurshahni Rizki Abdaniati, - (2019) ANALISIS KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI FULL TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
14.BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)

Abstract

ABSTRAK Nurshahni Rizki Abdaniati, (2019): Analisis Keterampilan Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang kurang menghargai pendapat teman, adanya siswa yang kurang percaya diri, masih ada siswa yang tidak bisa menyesuaikan diri dengan teman dan lingkungannya, dan masih ada yang mengejek temannya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar, sedangkan objeknya adalah keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar. Informan dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar yang berjumlah 216 orang siswa, namun dengan menggunakan teknik purposive sampling maka peneliti memilih 7 orang siswa untuk menjadi informan kunci dalam penelitian ini sedangkan informan tambahan adalah guru mata pelajaran ekonomi yang mengajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar diperoleh persentase yaitu 44,67%, hasil analisis menunjukkan bahwa indikator keterampilan sosial siswa dapat dikategorikan “cukup baik” yaitu dengan rentang nilai 41%-60%. Artinya dengan analisis beberapa indikator keterampilan sosial, secara keseluruhan siswa sudah cukup baik dalam menyesuaikan diri dengan teman dan lingkungannya, siswa juga mampu untuk bekerjasama dengan baik, dan siswa mampu menunjukkan sikap percaya diri. Kata Kunci: Analisis, Keterampilan Sosial, Pelajaran Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:09
Last Modified: 28 Jan 2020 04:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25565

Actions (login required)

View Item View Item