Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN GAME ONLINE SMARTPHONE DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA SISWA

Putri Wardatul Wahidah, - (2020) HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN GAME ONLINE SMARTPHONE DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
gabungan tanpa bab IV.pdf

Download (30MB)
[img] Text (BAB IV)
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)

Abstract

Perilaku agresif merupakan bentuk perilaku yang ditunjukkan untuk melukai baik secara fisik maupun secara verbal. Salah satu faktor dari munculnya perilaku agresif adalah proses belajar yang dilakukan saat bermain game online smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecanduan game online smartphone dengan perilaku agresif pada siswa. Sampel pada penelitian adalah siswa MTsN 1 Kampar, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 42 siswa yang didapat dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Skala Kecanduan Game Online Smarphone (DSM-V) dan Skala Perilaku Agresif (Buss & Perry, 1992). Data dianalisis dengan menggunakan Analisis Person Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecanduan game online smartphone dengan perilaku agresif dengan nilai R = 0,603 dan sig = 0,000 (p < 0,01). Hal ini berarti hipotesis diterima artinya, terdapat hubungan antara kecanduan game online smartphone dengan perilaku agresif pada siswa. Selain itu dengan melihat R squared maka sumbangan efektif kecenderungan kecanduan game online smartphone dengan perilaku agresif adalah 55,1%. Penelitian ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran siswa akan dampak negatif bermain game online terhadap perilaku yang membuat siswa mudah menunjukkan perilaku agresif, sehingga dianjurkan kepada siswa untuk mengurangi intensitas bermain game online smartphone sebagai upaya untuk mengurangi tingkah perilaku agresif. Kata Kunci: Kecanduan Game Online Smartphone, Perilaku Agresif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
000 Karya Umum > 005 Program Komputer, program-program, data
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 28 Jan 2020 06:52
Last Modified: 28 Jan 2020 06:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25562

Actions (login required)

View Item View Item