Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP TEKNOLOGI PEKANBARU

Winarlis, - (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP TEKNOLOGI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
WINARLIS.pdf

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Winarlis, (2019) : Pengembangan Lembar kerja Siswa (LKS) Berbasis Project Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menengah Pertama. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan koneksi matematis siswa SMP Teknologi Pekanbaru di Kota Pekanbaru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan Efektif, serta dapat memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa pada materi bangun datar kubus dan balok. Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMP Teknologi Pekanbaru tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa SMP Teknologi Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIIl sebagai kelas eksperimen yang diterapkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis Project Based Learning serta kelas VIII/2 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Objek penelitian adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis Project Based Learning. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis Project Based Learning yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (85,13%) dan sangat praktis (86,06% untuk kelompok kecil dan 88,16% untuk kelompok besar). Sedangkan nilai thitung sebesar 2,348 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,02 maka thitung > ttabel atau 2,348 >2,02, sehingga ha diterima dan ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan koneksi matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen juga lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu kelas eksperimen memperoleh 14,5 dan kelas kontrol memperoleh 12,14. Hal tersebut menunjukkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis Project Based Learning ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Project Based Learning, Kemampuan Koneksi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jan 2020 04:20
Last Modified: 29 Jan 2020 04:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25561

Actions (login required)

View Item View Item