UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-ISLAM RUMBIO KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Duski Samad, (2013) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-ISLAM RUMBIO KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201364MPI.pdf

Download (659kB) | Preview

Abstract

Duski Samad (2013), “Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar”. Tesis Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau. Pendidikan yang berkualitas merupakan dambaan semua pihak. Guru memiliki peranan penting sebagai ujung tombak dalam pendidikan, untuk ini diharapkan guru memiliki produktivitas yang tinggi dan baik dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Kepala sekolah harus berupaya untuk meningkatkan produktivitas kerja guru agar tercapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Dalam penelitian ini, peneliti akan membahas tentang upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan produktifitas kerja guru di MTs Al- Islam Rumbio Kampar, produktivitas kerja guru-guru di MTs Al-Islam Rumbio Kabupaten Kampar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dimana peneliti bertindak sebagai key instrument yang berpartisipasi aktif dalam mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya menganalisa dan menginterpretasikan data tentang masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa Upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru-guru di MTs Al-Islam dilakukan melalui berbagai program kegiatan, antara lain: 1) Peningkatan kemampuan guru-guru melalui pelatihan yang dilaksankan oleh instansi pemerintahan, baik Kementrian Agama maupun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, juga melalui aktivitas kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), 2) Pemberian motivasi, 3) Kegiatan supervisi, 4) Kepemimpinan yang demokratis partisipastif, 5) Penegakan kedisiplinan dan 6) Pemberian penghargaan. Produktivitas kerja guru-guru di MTs Al-Islam Rumbio Kabupaten Kampar semakin meningkat jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sedangkan jika dibandingkan dengan ketentuan sekolah produktivitas mereka masih dirasa kurang, seperti ada sekitar 22,8% yang belum membuat perangkat pembelajaran, dalam pelaksanaan pembelajaran masih ada yang lebih banyak menggunakan metode ceramah, sementara masalah evaluasi, guru sudah bisa melaksanakannya. Faktor-faktor yang mendukung upaya Kepala Sekolah di MTs Al-Islam Rumbio antara lain tingkat kesadaran guru untuk meningkatkan kemampuannya cukup tinggi, seperti semangat untuk mengikuti kegiatan MGMP, mengikuti pelatihan-pelatihan dan kepatuhan kepada Kepala Sekolah untuk menjalankan aturan yang telah ditetapkan. Kendala yang dihadapi antara lain; 1) keterbatasan dana dan keuangan, 2) sarana dan prasarana pendidikan yang tidak memadai, 3) kesejahteraan guru yang masih kurang, 4) masalah manajerial Kepala Sekolah dalam melaksanakan program peningkatan produktivitas kerja guru, terutama fungsi pengawasan dan evaluasi atau supervisi yang kurang maksimal, 5) kurangnya perhatian pimpinan madrasah, karena untuk lebih difokuskan kepada kelancaran proses pembelajaran yang dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:45
Last Modified: 08 Sep 2016 06:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2556

Actions (login required)

View Item View Item