IMPLEMENTASI INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 2 PEKANBARU

FARIDATUL MUNAWAROH, (2013) IMPLEMENTASI INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 2 PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201361PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul: “Implementasi Inovasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Pekanbaru”. Reformasi pendidikan telah dilakukan, dan regulasi atas perubahan kebijakan pembangunan pendidikan nasional telah dimulai. Untuk itu, seluruh kebijakan yang terkait dengan perubahan, atau pembaruan, penyempurnaan dan pengembangan program pada semua jalur, jenjang dan jenis pendidikan harus diarahkan pada upaya untuk memberikan layanan pendidikan yang bermutu, sesuai dengan standar pendidikan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menggambarkan implementasi inovasi strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Untuk mengetahui hal tersebut diajukan rumusan masalah bagaimana implementasi inovasi strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN2 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, penelitian lapangan (field research) yakni penelitian yang dilakukan dengan terjun langsung kelapangan untuk menggali dan meneliti data yang berkenaan dengan judul. Adapun responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan beberapa siswa, sementara teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMAN 2 Pekanbaru telah melaksanakan Inovasi strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam namun pelaksanaannya belum maksimal dan perlu meningkatkan lebih lanjut. Adapun faktor inovasi strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Pekanbaru yaitu: 1. Faktor pendukung antara lain; adanya kegiatan Rohani Islam yang dilaksanakan dalam kegiatan ekstrakurikuler untuk mencapai tujuan visi dan misi sekolah, guru dalam membimbing keaktifan siswa dalam kelas dan diluar kelas. 2. Faktor penghambat pelaksanaan inovasi Pendidikan Agama Islam adalah: a). Guru, belum optimal dalam melaksanakan inovasi disebabkan Fasilitas yang kurang memadai, b). Kurangnya waktu dan banyaknya materi ajar dalam aspek yang mencakup keseluruhan pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu: aspek Akidah, aspek Akhlak, aspek Fikih, aspek Al-qur’an Hadits, dan aspek Tarekh Islam.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:45
Last Modified: 08 Sep 2016 07:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2554

Actions (login required)

View Item View Item