Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SIFAT BANI ISRAIL MENURUT M.QURAISH SHIHAB DI DALAM TAFSIR AL-MISBAH

HETI HANDAYATI HASIBUAN, 11532201473 (2020) SIFAT BANI ISRAIL MENURUT M.QURAISH SHIHAB DI DALAM TAFSIR AL-MISBAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
GABUNG.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul SIFAT BANI ISRAIL MENURUT M.QURAISH SHIHAB DI DALAM TAFSIR AL-MISBAH. Penelitian ini dilatar belakangi karena melihat pergantian zaman yang semakin parah, dan penulis ingin mengaitkannya dengan kisah Bani Israil. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana sifat Bani Israil menurut M.Quraish Shihab, dan Bagaimana Analisis Paradikma Tentang Bani Israil pada kehidupan sekarang. Adapun jenis penelitian yang penulis gunakan yaitu library research (kajian kepustakaan). Metode yang penulis gunakan adalah metode maudhu’i (tematik). Metode maudhu’i (tematik) adalah metode penafsiran al-Qur`ān dengan ayatayat yang sesuai dengan tema atau permasalahan yang telah di tetapkan yaitu untuk mengetahui ayat-ayat Sifat Bani Israil dalam al-Qur`ān. Istilah Bani Israil di sebut sebanyak 42 kali pada 17 surah di dalam Al-Qur’an dengan asal kata Israil. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yaitu kitab Tafsir Al-Misbah. Sedangkan sumber data skundernya di ambil dari buku-buku, skiripsi, jurnal yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah menurut M.Quraish Shihab sifat Bani Israil ada beberapa hal seperti: keras kepala, ingkar, dengki, menyombongkan diri, membangkan. Kemudian Analisis Paradikma Tentang Bani Israil pada kehidupan sekarang, masa penjajahan Yahudi, Organisasi Yahudi terdiri dua organisasi yaitu, Fereemasonry dan Zionisme, Pemikiran Wahba Az-Zuhaili Tentang Sifat Bani Israil yaitu: Ingkar, Pembunuh Nabi , bohong, Sombong , Pembangkang. Selanjutnya Pemikiran Buya Hamka Tentang Bani Israil adalah Menurut Buya Hamka Bani Israil itu adalah sejarahahnya kaum yang sejak dahulu dengan segala cara menghalagi manusia untuk tidak melaksanakan syariat Allah. Mereka membunuh para nabi berusaha mengubah bentuk dan isi taurat dan injil, serta menghalalkan apa saja yang telah di haramkan Allah swt, misalnya menلhalalkan hubungan seksual antara anak dengan ayah, membolehkan adanya praktek sihir, menghalalkan riba sehingga terkenallah dari dahulu sampai sekarang bahwa antara Yahudi dengan perbuatan riba adalah susah dipisahkan. Kaum yang istimewa. Segala bangsa mereka pandang rendah, dan mereka menyombong, lantaran itu tentu saja perbuatan-perbuatan mereka yang hanya mementingkan diri sendiri akhirnya membawa kerusakan, Sukarlah Bani Israil, sampai pun ke zaman kita ini, buat mengelekkan diri dari tempelak Tuhan yang seperti ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 27 Jan 2020 04:45
Last Modified: 27 Jan 2020 04:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25523

Actions (login required)

View Item View Item