Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

فعالية استخدام الطريقة المباشرة بلعبة "اعثر عليه" (Temukan Dia) لترقية مهارة الكلام لدى تلاميذ المدرسة المتوسطة الإسلامية بمعهد دار الحكمة بكنبارو

Iis ‘Aisyah, 11412200519 (2020) فعالية استخدام الطريقة المباشرة بلعبة "اعثر عليه" (Temukan Dia) لترقية مهارة الكلام لدى تلاميذ المدرسة المتوسطة الإسلامية بمعهد دار الحكمة بكنبارو. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI IIS ‘AISYAH.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Iis ‘Aisyah, (2019): Efektifitas Penggunaan Metode Langsung dengan Permainan Temukan Dia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru . Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Penggunaan Metode Langsung dengan Permainan Temukan Dia untuk penguasaan keterampilan berbicara siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Metode Langsung dengan Permainan Temukan Dia Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah Siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darel Hikmah tahun ajaran 2018/2019 kelas 2, dengan sampel siswa kelas 2B4 dan 2B3 Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas 2B4 dan 2B3 Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data observasi adalah analisis deskriptif dengan presentase dengan rumus: P = f/N×100%. Sedangkan rumus yang dipakai untuk menganalisis Efektifitas Penggunaan Metode Langsung dengan Permainan Temukan Dia adalah t-test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Metode Langsung dengan Permainan Temukan Dia pada pembelajaran bahasa arab efektif untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru. Karena nilai to = 2,70 lebih besar dari tt pada taraf signifikansi 1% = 2.65 dan taraf signifikansi 5% = 2.00. ini berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Penggunaan Metode Langsung dengan Permainan Temukan Dia efektif untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru. Dan adapun hasil data observasi tentang pelaksanaan pembelajaran menggunakan Metode Langsung dengan Permainan Temukan Dia adalah 93%. Oleh karena itu berada pada tingkat baik sekali. Kata Kunci: Efektifitas, Metode, Permainan, Keterampilan Berbicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jan 2020 03:57
Last Modified: 27 Jan 2020 03:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25516

Actions (login required)

View Item View Item