Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 PEKANBARU

Indah Puspa Sari, - (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara pemahaman belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran aktif index card match dan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS I sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling karena sampel dipilih melalui pertimbangan-pertimbangan tertentu. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran aktif index card match dan pemahaman belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis untuk menguji hipotesis menggunakan tes “ � ”.Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran aktif index card match terhadap pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru. Dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil posttest kedua kelas dimana nilai rata-rata eksperimen sebesar 14,7714 lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 12,1429 dan nilai t- Test sebesar 5,493 dan nilai signifikasi sebesar 0,0 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05. Kata Kunci: Pembelajaran Aktif Index Card Match, Pemahaman Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jan 2020 03:35
Last Modified: 29 Jan 2020 03:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25506

Actions (login required)

View Item View Item