IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MUSEUM SANG NILA UTAMA PEKANBARU BERBASIS ANDROID

REDHA FAUZIAH AZIZ, - (2020) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MUSEUM SANG NILA UTAMA PEKANBARU BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (65MB)

Abstract

ABSTRAK Museum Sang Nila Utama Pekanbaru merupakan museum yang mengumpulkan dan menyimpan warisan-warisan yang berhubungan dengan Riau (budaya Melayu) seperti pakaian adat pernikahan, permainan tradisional, instrumen musik dan artefak tradisional lainnya. Dari rentan waktu tahun 2012 hingga tahun 2017 terjadi penurunan minat wisatawan yang mengunjungi museum. Hasil rekapitulasi pengunjung menunjukkan pada tahun 2012 mencapai 35.142 kunjungan, lalu sampai dengan tahun 2017 menurun ke 21.081 kunjungan. Hal yang mempengaruhi penurunan minat wisatawan adalah penyajian informasi yang masih kaku berupa teks statis atau penjelasan di sekitar objek seperti dari papan informasi, pemandu museum, katalog serta kurangnya kreatifitas program yang dilakukan pengelola museum. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi untuk menarik minat wisatawan agar mengunjungi museum yaitu menerapkan teknologi Augmented Reality (AR). AR adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia virtual untuk dapat berinteraksi secara realtime dalam tampilan 3D. Penelitian ini bertujuan membangun aplikasi AR pada Museum Sang Nila Utama Pekanbaru sebagai sarana untuk memberikan informasi yang lebih interaktif kepada pengunjung dan menarik minat masyarakat untuk mengunjungi museum. Dalam membangun aplikasi menggunakan metode waterfall. Hasil uji Blackbox didapatkan kesimpulan aplikasi dapat berjalan pada kondisi cahaya cukup, sedangkan hasil user acceptance test menunjukkan 84,8% responden menyatakan menerima adanya aplikasi AR Museum ini. Kata Kunci: android, augmented reality, museum, unity, vuforia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 29 Jan 2020 02:58
Last Modified: 29 Jan 2020 02:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25503

Actions (login required)

View Item View Item