Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN PADA WISMA SYARI’AH GRAHA AZ-ZAHRA PEKANBARU

FEVY ZUANDA, 11425204090 (2020) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN PADA WISMA SYARI’AH GRAHA AZ-ZAHRA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNG.pdf

Download (11MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)

Abstract

Di Indonesia rata-rata tingkat hunian kamar hotel berkisar 60%-70% pertahun dan wisma belum mencapai standar rata-rata tingkat hunian kamar tersebut. Dilihat dari data jumlah pelanggan yang menginap pada tahun 2016 sampai tahun 2018 mengalami penurunan sebanyak 68%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah pelanggan pada Wisma syari’ah Graha Az-zahra Pekanbaru, dan meninjau kendala-kendala dalam meningkatkan jumlah pelanggan serta untuk mengetahui Ekonomi Syari’ah terhadap kegiatan strategi pemasaran yang dilakukan Wisma. Lokasi penelitian yang dilakukan beralamat di Jl. Rindang Rt. 01 Rw. 11 Kelurahan Tangkerang Selatan Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode Purposive Sampling yaitu 1 orang manajer Wisma Syariah Graha Az-Zahra, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif yaitu data-data yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara kemudian diklarifikasikan menurut jenis dan sifat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan pihak Wisma Syari’ah Graha Az-zahra Pekanbaru dalam meningkatkan jumlah pelanggan cukup memadai. Hal ini terbukti,. bauran promosi yang dilakukan wisma dengan cara periklanan, promosi penjualan, personal selling, dan publisitas dalam memasarkan dan mempromosikan produknya, akan tetapi belum berjalan dengan efektif dan efesien. Adapun kendala-kendala dalam strategi pemasaran Wisma syari’ah Graha Az-zahra adalah kendala internal, dimana aliran listrik dilingkungan wisma tidak stabil dan keterbatasan ilmu terhadap bisnis perhotelan yang digeluti dan ada kendala eksternal, dimana pesaing wisma yang bukan berbasis syariah yang membuat pihak Wisma Syari’ah Graha Az-zahra merugi dan menghambat proses strategi pemasaran yang dilakukan oleh wisma. Menurut tinjauan Ekonomi syari’ah terhadap strategi pemasaran Wisma Syari’ah Graha Az-zahra Pekanbaru telah sesuai dengan prinsip ekonomi syari’ah. Hal ini dapat dilihat pada bauran promosi yang dilakukan wisma dengan cara periklanan, promosi penjualan personal selling, dan publisitas dalam memasarkan dan mempromosikan produknya, tidak bertentangan dengan ekonomi syariah. Terbukti cara pemasaran dengan memperhatikan promosi iklan yang jelas dan informasi yang benar, serta dalam penyampaian informasi dengan berkata jujur seperti menampilkan gambar yang dilengkapi fasilitas ibadah dan fasilitas lainnya yang sesuai dengan fakta yang sebenarnya dan sesuai ekonomi syari’ah. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pelanggan, Syari’ah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jan 2020 04:36
Last Modified: 27 Jan 2020 04:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25491

Actions (login required)

View Item View Item