KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU PAI BERSERTIFIKASI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KECAMATAN RENGAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU

SALMIYAH RUM, (2013) KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU PAI BERSERTIFIKASI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KECAMATAN RENGAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201355PAI.pdf

Download (694kB) | Preview

Abstract

Salmiyah Rum, Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru PAI Bersertifikasi Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu Propinsi Riau, Tesis, Pekanbaru : Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2013. Guru Pendidikan Agama Islam dituntut untuk menguasai kemampuan dasar guru yang telah diisyaratkan Undang-undang pendidikan, salah satunya adalah kemampuan pedagogik dan profesional. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik, sedangkan kompetensi profesional adalah kondisi, arah, nilai, tujuan dan kualitas suatu keahlian dan kewenangan dalam bidang pendidikan dan pengajaran sesuai bidang keahliannya. Kecamatan Rengat memiliki 6 (enam) Sekolah Menengah Pertama Negeri yang dari ke-enam Sekolah tersebut hanya memiliki 4 (empat) orang Guru Pendidikan Agama Islam yang bersertifikasi. Harapannya adalah guru-guru tersebut merupakan guru yang benar-benar menguasai kompetensi pedagogik dan profesional secara baik. Penelitian yang berjudul ”Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru PAI Bersertifikasi pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu Propinsi Riau” adalah sebuah penelitian lapangan yang berjenis kualitatif dengan metode deskriptif analitik, yakni menerangkan suatu gejala yang terjadi melalui pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat. Penelitian dilaksanakan dari bulan Maret sampai dengan Agustus 2013 di 3 (tiga) Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Rengat yang memiliki 4 (empat) orang guru PAI bersertifikasi sebagai subjek penelitian yang menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data, dan kompetensi pedagogik dan profesional mereka sebagai objek penelitian. Dari penelitian ini ditemukan bahwa dari 10 (sepuluh) aspek kompetensi pedagogik yang harus dimiliki guru PAI bersertifikasi, ternyata 6 (enam) aspek diantaranya belum dikuasai secara baik, hanya 4 (empat) aspek yang berkatagori baik, yaitu pemahaman wawasan dan landasan pendidikan, memiliki akhlaq alkarimah sebagai panutan dan tauldan, kemampuan berkomunikasi dengan peserta didik dan menciptakan pembelajaran yang mendidik. Faktor yang menghambat adalah tidak maksimalnya pembayaran tunjangan profesi guru, usia guru diatas 50an tahun, dan kurangnya sarana dan prasarana pendidikan di Sekolah. Sedangkan faktor pendukungnya adalah dukungan Pemerintah dan supervisi yang baik dari Kepala Sekolah serta harapan pencairan pembayaran tunjangan profesi guru itu sendiri. Oleh karenanya peneliti merekomendasikan kepada guru PAI bersertifikasi untuk dapat berperan aktif dalam meningkatkan pengetahuan dan kompetensi mengajar, sehingga kompetensi pedagogik guru dalam proses pembelajaran meningkat lebih baik lagi, sehingga Pemerintah juga meningkatkan pengadaan sarana dan prasarana di Sekolah guna mendukung pengembangan kompetensi pedagogik dan profesional guru PAI bersertifikasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:45
Last Modified: 09 Sep 2016 04:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2548

Actions (login required)

View Item View Item