PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN INDIHOME AKIBAT TERJADINYA GANGGUAN JARINGAN INTERNET DITINJAU DARI UNDANG – UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN(PLAZA TELKOM GROUP KOTA PEKANBARU)”

CICI OCTA AZHARI, - (2020) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN INDIHOME AKIBAT TERJADINYA GANGGUAN JARINGAN INTERNET DITINJAU DARI UNDANG – UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN(PLAZA TELKOM GROUP KOTA PEKANBARU)”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNG.pdf

Download (16MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)

Abstract

Latar Belakang diatas Penulis mengambil Judul diatas karena Jasa telekomunikasi berupa internet menjadi salah satu kebutuhan yang penting dalam kehidupan masyarakat. Dalam hal ini Plaza Telkom Group (PT. Telkom Indonesia) sebagai penyedia jasa Indihome menjadi hal yang diteliti dalam penulisan ini. Salah satu masalah yang sering dialami konsumen adalah terjadinya gagal jaringan internet sehingga konsumen dirugikan karena tidak mendapatkan jasa sesuai dengan yang diharapkan. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Tanggung Jawab Pihak Telkom Terhadap Perjanjian Layanan Perbaikan Gangguang Jaringan Internet Konsumen berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Bagaimana Perlindungan Hukum terhadap Konsumen IndiHome Akibat Terjadinya Gangguan Jaringan Internet berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui Untuk mengetahui perjanjian antara Plaza Telkom Group dengan Konsumen berlangganan Indihome ditinjau dari Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna jaringan Indihome akibat terjadinya gangguan Jaringan internet ditinjau dari Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (PT. Plaza Telkom Group Kota Pekanbaru). Metode penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitian yuridis sosiologis yaitu mengacu pada norma-norma hukum, penelitian ini bersifat deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data adalah studi kepustakaan, yakni melakukan penelitian dengan menggunakan data dari berbagai sumber bacaan, seperti perundang undangan, buku-buku, internet yang nilainya relevan dengan permasalahan yang dibahas dan dilakukan juga wawancara dengan pihak terkait untuk mendapatkan fakta dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam hal perlindungan hukum terhadap konsumen Indihome dapat dilakukan yaitu dengan disediakannya sarana bagi konsumen untuk menyampaikan keluhan seperti musyawarah dan kompensasi/ganti rugi. bahwa Tanggung Jawab dari Pihak Telkom Terhadap Layanan Gangguan Jaringan Internet Konsumen tidak terlaksana sesuai dengan Kontrak yang dibuatnya serta Undang-undang nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 24 Jan 2020 07:24
Last Modified: 24 Jan 2020 07:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25475

Actions (login required)

View Item View Item