Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Konstruksi Kecantikan Pada Iklan Wardah Versi “Halal Dari Awal”

Sulandari Retno Cahyani, - (2019) Konstruksi Kecantikan Pada Iklan Wardah Versi “Halal Dari Awal”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (954kB)

Abstract

Begitu banyak citra kecantikan yang digambarkan melalui iklan dengan bermacam-macam versi kecantikannya. Iklan berlomba-lomba untuk melakukan penetrasi ruang bawah sadar terhadap para perempuan. Kecantikan merupakan bagian tak terpisahkan dari nilai yang melekat pada diri manusia, terutama kaum perempuan. Wardah membawa visi yang sederhana, memenuhi kebutuhan akan kosmetik yang halal. Seiring berjalannya waktu, wardah mengerti kecantikan wanita Indonesia ada pada kepribadiannya, ia bersinar karena alami, dan elegan karena membumi. wardah hadir dalam “versi halal dari awal”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konstruksi kecantikan yang ada dalam iklan wardah “versi halal dari awal”. penelitian ini menggunakan analisis semiotika John Fiske dengan teori the codes of television yaitu dengan tiga level sosial yang terdiri dari level realitas, level representasi, dan level ideologi. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dari analisis yang telah dilakukan hasil dari penelitian ini pada level realitas perempuan yang memiliki kulit putih,hidung mancung, mata medium, bibir tipis, rambut panjang, dengan menggunakan pakaian yang tidak sensual, make up yang sederhana, feminim serta memiliki perilaku yang baik dan dapat memotivasi. Pada level reprensentasi teknik pengambilan gambar close up yang memberikan penekanan pada wajah model dan pencahayaan yang terang, dan level ideologi peran kapitalisme untuk melanggengkan idealisme kecantikan yang menjadi standar, dibatasi oleh satu ras yaituyang memiliki kulit putih, dan tidak memakai sistem budaya patriarki karena iklan wardah menerapkan konsep islami dimana terdapat batasan antara laki-laki dan perempuan. Kata Kunci : Konstruksi, Kecantikan, Iklan Wardah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2020 08:14
Last Modified: 24 Jan 2020 08:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25470

Actions (login required)

View Item View Item