Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH SARANA PRASARANA DAN MEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN PASIR PENYU

SRI ELYANTI (2013) PENGARUH SARANA PRASARANA DAN MEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN PASIR PENYU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201354PAI.pdf

Download (624kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah sarana prasarana dan media pembelajaran. Untuk dapat mengetahui pengaruh sarana prasarana dan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri yang berada di kecamatan Pasir Penyu Semester II Tahun Ajaran 2011/2012 maka diperlukan penelitian lebih lanjut. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Berapa besar pengaruh sarana prasarana pembelajaran terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri se-kecamatan Pasir Penyu pada kelas VIII tahun pelajaran 2011/2012?(2). Berapa besar pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri se-kecamatan Pasir Penyu pada kelas VIII tahun pelajaran 2011/2012? (3). Berapa besar pengaruh sarana prasarana dan media terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri se-kecamatan Pasir Penyu pada kelas VIII tahun Pelajaran 2011/2012? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh sarana prasarana pembelajaran terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri se-kecamatan Pasir Penyu pada kelas VIII tahun Pelajaran 2011/2012. (2). Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri se-kecamatan Pasir Penyu pada kelas VIII tahun Pelajaran 2011/2012. (3). Pengaruh sarana prasarana dan media terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri se-kecamatan Pasir Penyu pada kelas VIII tahun pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di kecamatan Pasir Penyu Semester II tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 490 siswa dengan 147 siswa dijadikan sampel.Variabel yang diteliti yaitu sarana prasarana dan media pembelajaran sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa PAI sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan angket dan dokumentasi. Instrumen yang disusun kemudian diuji validitas menggunakan rumus product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif presentase, analisa korelasi, dan analisis regresi berganda. Berdasarkan analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa, media pembelajaran dalam kategori cukup (42%), sarana prasarana dalam kategori baik (32%), dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI baik (52%). Berdasarkan hasil analisis regresi ganda diperoleh persamaan: = 58,612 + 0,133X1 + 0,354X2. Uji keberartian persamaan regresi dengan menggunakan uji F, berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Fhitung = 49,567 dengan probabilitas 0,000 < 0,05, yang berarti ada pengaruh positif antara sarana prasarana dan media pembelajaran terhadap hasil belajar PAI. Berdasarkan hasil uji parsial diperoleh thitung untuk variabel sarana prasarana sebesar 3,130 dengan probabilitas 0,000 < 0,05, yang berarti ada pengaruh positif antara sarana prasarana terhadap hasil belajar PAI. Hasil uji parsial diperoleh thitung untuk variabel media pembelajaran sebesar 5,062 dengan probabilitas 0,000 < 0,05, yang berarti ada pengaruh positif antara media pembelajaran terhadap hasil belajar PAI. Besarnya pengaruh sarana prasarana, dan media pembelajaran terhadap hasil belajar PAI secara simultan adalah 40,8%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil simpulan ada pengaruh positif antara sarana prasarana dan media pembelajaran terhadap hasil belajar PAI pada siswa kelas VIII SMP Negeri di kecamatan Pasir Penyu baik secara simultan maupun parsial dan variabel yang paling berpengaruh adalah media pembelajaran kemudian diikuti oleh sarana prasarana. Oleh karena itu, peneliti menyarankan kepada SMP di kecamatan Pasir Penyu, sebaiknya terus meningkatkan sarana prasarana dan media pembelajaran, mengingat dua faktor ini terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar, sehingga hasil belajar akan terus meningkat

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:45
Last Modified: 09 Sep 2016 04:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2547

Actions (login required)

View Item View Item