MEKANISME PELAKSANAAN PRODUK TABUNGAN IB SIMPANAN PELAJAR PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA SYARIAH KANTOR CABANG SYARIAH PEKANBARU

AFRILLIA CHOIRUNNISA P, - (2019) MEKANISME PELAKSANAAN PRODUK TABUNGAN IB SIMPANAN PELAJAR PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA SYARIAH KANTOR CABANG SYARIAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
AFRILIA.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Afrillia Choirunnisa (2019): Mekanisme Pelaksanaan Produk Tabungan iB Simpanan Pelajar Pada PT. Bank Tabungan Negara Syariah Kantor Cabang Syariah Pekanbaru. Kegiatan menabung merupakan kegiatan menyisihkan uang atau pendapatan yang dimiliki untuk disimpan dengan tujuan mengelola uang tersebut, dan menabung juga merupakan pembangunan karakteristik untuk tidak menghamburkan uang yang mana semestinya diterapkan sejak dini. Tabungan SimPel iB merupakan tabungan yang masih tergolong baru oleh karena itu tabungan ini sangat tepat sekali untuk edukasi pelajar dalam hal mengelola keuangannya dan juga membantu para orangtua untuk mengawasi pengelolaan uang anaknya. Rumusan masalah dalam penilitian ini yaitu Bagaimana Mekanisme Pelaksanaan Produk Tabungan iB Simpanan Pelajar pada PT. Bank Tabungan Negara Syariah Kantor Cabang Syariah Pekanbaru dan Apa saja keunggulan dan kelemahan dalam Produk Tabungan iB Simpanan Pelajar pada PT. Bank Tabungan Negara Syariah Kantor Cabang Syariah Pekanbaru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan yang digunakan pada PT. Bank Tabungan Negara Syariah Pekanbaru dalam menarik minat nasabah terutama dalam produk tabungan simpanan pelajar iB, dan untuk mengetahui keunggulan serta kelemahan produk tabungan simpanan pelajar iB dalam PT. Bank Tabungan Negara Syariah Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah Pimpinan dan seluruh karyawan bank yang berjumlah 72 orang, dan sampel berjumlah 2 orang yakni dari FO (Funding Officer) dan customer service. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa mekanisme pelaksanaan yang dilakukan PT. Bank Tabungan Negara Syariah Pekanbaru terhadap produk tabungan simpanan pelajar iB yaitu melalui 2 cara dengan promosi dan pelayanan, melalui promosi yaitu turun langsung ke lapangan untuk membuat perjanjian dengan pihak sekolah, menggunakan media sosial, menyebarkan brosur dan menjaga silaturahmi dengan mitra lama ataupun baru, dan melalui pelayanan yaitu melayani cara pembukaan rekening, penyetoran rekening dan penutupan rekening. Keunggulannya yaitu setoran awal ringan, mudah prosesnya, dan persepsi akan resiko tabungan yang rendah, sedangkan kelemahannya yaitu masih kurangnya kantor cabang, tabungan ini pun hanya diperuntukkan bagi siswa siswi yang bersekolah di sekolah yang telah bekerja sama dengan Bank Tabungan Negara Syariah Pekanbaru, dan juga adanya biaya biaya lainnya yang dibebankan kepada nasabah. Kata kunci : Tabungan, Wadiah, Simpanan Pelajar iB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:16
Last Modified: 24 Jan 2020 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25454

Actions (login required)

View Item View Item