STRATEGI PROMOSI PRODUK CICIL EMAS PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU TELUK KUANTAN

SYILVIANA RAHMA DEWI, - (2020) STRATEGI PROMOSI PRODUK CICIL EMAS PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU TELUK KUANTAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
SILVANA.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Syilviana Rahma Dewi (2019) : Strategi Promosi Produk Cicil Emas Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Teluk Kuantan Latar belakang penulis memilih Produk Cicil Emas ini dikarenakan adanya persaingan yang ketat dengan lembaga keuangan bank lainnya, terkhusus pada Pegadaian. Cicil Emas adalah fasilitas yang disediakan oleh Mandiri Syariah untuk membantu nasabah untuk membiayai pembelian/kepemilikan emas berupa lantakan (batangan) dengan akad murabahah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana strategi promosi produk cicil emas pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Teluk Kuantan dan Apa saja hambatan-hambatan yang dialami oleh PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Teluk Kuantan dalam mempromosikan produk cicil emas. Penelitian dilakukan di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Teluk Kuantan. Beralamat di jalan Kemerdekaan No. 48 (Belakang Mesjid Raya Teluk Kuantan), Kelurahan Pasar, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) yang dilakukan di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Teluk Kuantan dengan populasi 17 orang, diambil sample 3 orang yang terdiri dari General Support Staff dan Shariah Funding Exsecutive. Menggunakan metode purposive sampling. Sumber data yang penulis gunakan adalah sumber data primer dan sumber data skunder dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Setelah data tersebut terkumpul penulis melakukan metode penulisan deduktif, induktif, dan deskriptif. Sedangkan analisa data dengan menggunakan analisa deskriptif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Teluk Kuantan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh pihak PT. Bank Syariah Mandiri Teluk Kuantan dalam mengenalkan produk cicil emas pada masyarakat adalah periklanan (advertising), penjualan perseorangan (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relationship), penjualan langsung (direct selling), dan publisitas. Kemudian beberapa faktor penghambat dalam berinvestasi cicil emas di antaranya kurangnya sumberdaya manusia, kurangnya jaringan kantor bank syariah, kurangnya pengetahuan, pemahaman, dan pelayanan syariah, banyaknya persaingan antar lembaga keuangan, kurangnya promosi, dan adanya peraturan BI yang membatasi jumlah pembiayaan. Kata Kunci : Pembiayaan, Cicil Emas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:16
Last Modified: 24 Jan 2020 04:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25450

Actions (login required)

View Item View Item