PERAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA UNIT LAYANAN SYARIAH PT. BANK RIAU KEPRI CABANG PEKANBARU

HASWIN RIFANI ALHAUDI RIZKI, - (2020) PERAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA UNIT LAYANAN SYARIAH PT. BANK RIAU KEPRI CABANG PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
HASWIN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Haswin Rifani Alhaudi Rizki, (2019): Peran Customer Service Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Unit Layanan Syariah PT. Bank Riau Kepri Cabang Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dikarenakan mengingat betapa pentingnya peranan customer service dalam sebuah bank untuk menunjang kemajuan sebuah bank termasuk dalam permasalahan meningkatkan jumlah nasabah. Adapun peranan customer service itu sendiri untuk meningkatkan jumlah nasabah adalah mempertahankan nasabah lama dan mendapatkan nasabah baru. Untuk mengungkap permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian tentang peran customer service dalam meningkatkan jumlah nasabah pada Unit Layanan Syariah PT. Bank Riau Kepri cabang Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di Unit Layanan Syariah PT. Bank Riau Kepri Cabang Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah customer service dan objek penelitian ini adalah peranan customer service pada Unit Layanan Syariah PT. Bank Riau Kepri cabang Pekanbaru. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini adalah 2 orang customer service dan sample penelitian ini adalah 2 orang customer service. Dikarenakan jumlah populasi yang sedikit maka dari itu penulis menggunakan total sampling untuk mengambil sample. Berdasarkan penelitian, Seorang customer service pada Unit Layanan Syariah PT. Bank Riau Kepri Cabang Pekanbaru memiliki peranan yang sangat penting di dalam dunia perbankan. Pertama, customer service berperan dalam mempertahankan nasabah lama agar tetap loyal menjadi nasabah. Kedua, customer service berperan dalam meningkatkan jumlah nasabah dengan berbagai macam upaya personal maupun pihak ketiga. Ketiga, customer service berperan penting dalam menghadapi keluhan-keluhan dari nasabahnya.. Selain itu, customer service juga dapat memasarkan produk-produknya melalui instansi misalnya ke sekolah, kantor, sektor lokal dan perusahaan, maka dari sinilah customer service dapat memperkenalkan produk unggulan dan benefitnya untuk menarik nasabah baru. Jadi, hampir seluruh kegiatan berada dalam tanggung jawab customer service. Kata kunci: Customer Service, Nasabah, Bank Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jan 2020 03:35
Last Modified: 24 Jan 2020 03:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25445

Actions (login required)

View Item View Item