Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS RUKUN WARGA (PMB-RW) DALAM MENANGGULANGI KEMISKINAN DI KECAMATAN TENAYAN RAYA KOTA PEKANBARU

FACHRUL AUZA'I, - (2019) EFEKTIVITAS PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS RUKUN WARGA (PMB-RW) DALAM MENANGGULANGI KEMISKINAN DI KECAMATAN TENAYAN RAYA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
FACHRUL AUZA'I.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rukun warga (PMB-RW) merupakan program prioritas Pemerintah Daerah Kota Pekanbaru yang berfokus dalam pengentasan kemiskinan sejak tahun 2014. Namun dalam lima (5) tahun pelaksanaannya belum menampakkan hasil sesuai diharapkan, hal ini dibuktikan dengan masih tingginya angka kemiskinan di Kota Pekanbaru, khususnya Kecamatan Tenayan Raya. Penelitian Ini merupakan salah satu yang berfokus pada penanggulangan kemiskinan yang ada di Daerah. Penelitian dilakukan di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana Efektivitas Program PMB-RW dalam menanggulangi kemiskinan khusunya di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif melalui Analisis Deskrftif dengan mendeskripsikan gambaran senyatanya dari fenomena dan pengelolaan Program PMB-RW di Kecamatan Tenayan Raya. Jenis data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi Narasumber diantaranya : Kepala Bidang Perekonomian dan Pemerintahan Badan Perencanaan Daerah Kota Pekanbaru, Kepala Bidang Pemberdayaan Kecamatan Tenayan Raya dan Masyarakat yang terlibat Program PMB-RW di Kecamatan Tenayan Raya. Berdasarkan analisis dan hasil penelitian bahwa Efektivitas Program PMB-RW di Kecamatan Tenayan Raya khususnya Pemberdayaan Ekonomi Belum Efektif dalam Menanggulangi Kemiskinan di Kecamatan Tenayan Raya, belum efektif karena disebabkan beberapa faktor diantaranya : 1. Kurang antusias masyarakat terlibat program pemberdayaan ekonomi yang dibuat. 2. keterbatasan dana masyarakat. 3. belum merata mendapatkan pelatihan berkaitan pemberdayaan ekonomi. 4. kurang sosialisasi dan waktu pelatihan yang diberikan. 5. pelaksanaan dilapangan belum sesuai waktu dan sasaran yang telah ditetapkan. Kata Kunci: Efektivitas Program, Penanggulangan Kemiskinan, Pemberdayaan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 24 Jan 2020 03:53
Last Modified: 24 Jan 2020 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25441

Actions (login required)

View Item View Item