ROSNILAM (2013) SISTEM PENGORGANISASIAN TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MA’RIFIYAH PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_201350PAI.pdf Download (497kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini, dilatarbelakangi oleh adanya gejala-gejala bahwa pengorganisasian Pondok Pesantren Hidayatul Ma’rifiyah, antara lain, kurang jelasnya tugas dan fungsi dari masing-masing pengurus, sehingga terjadi tumpang tindih dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing. Sementara tugas pokok lainnya menjadi terabaikan, sering hasil keputusan rapat oleh Kepala Sekolah dengan majelis guru tidak terlaksana, karena pimpinan pondok tidak menyetujui hasil rapat, dan kurang berfungsinya kepala sekolah sesuai dengan jabatannya oleh pimpinan Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran sejauhmana sistem pengorganisasian Tenaga Pendidik dan Kependidikan Pondok Pesantren Hidayatul Ma’rifiyah dan faktor-faktor yang mempengaruhi sistem pengorganisasian Tenaga Pendidik dan Kependidikan Pondok Pesantren Hidayatul Ma’rifiah Pangkalan Kerinci. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang difokuskan pada sistem pengorganisasian Tenaga Pendidik dan Kependidikan Pondok Pesantren Hidayatul Ma’rifiyah dan faktor-faktor yang mempengaruhi sistem pengorganisasian Tenaga Pendidik dan Kependidikan Pondok Pesantren Hidayatul Ma’rifiah Pangkalan Kerinci. Untuk memperoleh data tersebut, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, peneliti melakukan analisa data dengan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu pengumpulan data (Reduksi Data), penyederhanaan data, Pemaparan data/Penyajian data, dan Penarikan dan pengajuan simpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; Pertama, sistem Pengorganisasian Tenaga Pendidik dan Kependidikan di Pondok Pesantren Hidayatul Ma’rifiyah Kabapaten Pelalawan telah melaksanakan beberapa hal, yaitu pimpinan pesantren melakukan Perincian Pekerjaan terhadap tenaga kependidikan dan tenaga pendidik, pimpinan pesantren menyusun Struktur Pekerjaan, Pimpinan pesantren memberikan intruksi Pelaporan kepada para guru, wakil kepala, serta staf Tata Usaha, dan Pimpinan pesantren menyusun sistem Pengawasan dari pimpinan (kepala pesantren) dengan para guru, wakil kepala, serta staf Tata Usaha. Kedua, Faktor yang mempengaruhi sistem pengorganisasian tenaga kependidikan dan tenaga pendidik di Pondok Pesantren Hidayatul Ma’rifiyah adalah Faktor Pengetahuan pimpinan, Faktor Kekompakan kerja tenaga kependidikan dan tenaga pendidik, dan Faktor Pengalaman kerja serta Faktor
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 27 Apr 2016 05:44 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 04:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2544 |
Actions (login required)
View Item |